PKBM Jeruk Manis Gelar Pelatihan Bikin Keripik Singkong

PKBM Jeruk Manis Gelar Pelatihan Bikin Keripik Singkong

  Jumat, 29 January 2016 09:10
FOTO BERSAMA: Pengurus PKBM Jeruk Manis Desa Tebas bersama ibu – ibu peserta Pelatihan dan para tamu undangan dari SKPD terkait.

Berita Terkait

SAMBAS—Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI tahun ini menyerahkan bantuan peralatan dan bahan kepada peserta pelatihan home industri “Keripik Singkong” di pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jerum Manis Jalan Amanah RT 24 RW 12 Dusun Kenanga Desa Tebas Sungai Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, Selasa (26/1).

Menurut Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas H.Syahrial S.Hi MH memberikan apresiasi kepada PKBM Jeruk Manis Tebas Sungai dibawah pimpinan Eben D Mukrat atau yang lebih akrab dipanggil Benz Leo, karena PKBM Jeruk Manis ini baru berdiri tahun 2013 namun sudah aktif dan selalu menampilkan karya-karya nyata.“Mudah-mudahan kedepan kami dari pemerintah melalui dinas terkait selalu berupaya  memberikan binaan kepada PKBM, PKBM yang aktif seperti PKBM Jeruk Manis Tebas Sungai,” ungkapnya.

Adanya kegiatan Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat  (PKM) Pelatihan Home Industri “Pelatihan kripik singkong” bantuan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud untuk warga Desa Tebas Sungai diharapkan kepada ibu-ibu sebagai peserta pelatihan dapat mengembangkan teori latihan dan mempraktekkan dengan baik, sedangkan peralatan yang didapatkan dapat digunakan sebaik-baiknya.

Selain itu, terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Paket Kesetaraan, apa yang sudah dilakukan oleh pemuda-pemudi di PKBM Jeruk Manis Tebas Sungai sungguh luar biasa. Dengan mengikutsertakan calon peserta ujian Paket A sebanyak 11 orang, Paket B sebanyak 52 Orang dan Paket C sebanyak 114 orang.Hal sama diungkapkan Camat Tebas Sugiarto SH MH saatnya kita tidak hanya bicara tentang retorika dan sudah saatnya kita bicara program-program nyata, seperti yang dilakukan para pemuda yang tergabung dalam PKBM Jeruk Manis Tebas. “Kedepan  semoga ibu-ibu peserta pelatihan yang diselenggarakan PKBM Jeruk Manis Tebas ini, setelah dapat ilmu, modal dan pendampingan bisa menghasilkan produk unggulan,” harapnya.

Begitu juga Kasbudbid Kesra Bapedda Sambas, Rissa Nisfurianti mengapresiasi kegiatan kreatif dan produktif yang selalu dilakukan PKBM Jeruk Manis Tebas Sungai yang dikomandani Eben D Mukrat. Bahkan kedepan, kata Rissa, diharapkan PKBM Jeruk manis akan berkolaborasi dengan Posyandu dan kegiatan-kegiatan positif lainnya. “Selamat dan terima kasih atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja sama yang dilakukan oleh rekan-rekan PKBM jeruk Manis dalam mendampingi masyarakat desa Tebas Sungai dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di lingkungan sekitar khususnya Desa Tebas Sungai Kecamatan Tebas,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan anggota DPRD Sambas H. Mulyadi, SE, MM, adanya program-program yang nantinya menjadi usulan dari PKBM Jeruk Manis supaya diusulkan satu tahun sebelum anggaran berjalan karena itu semua terkait dengan aturan,  makanya ia berharap pemda tidak saja memberikan bantuan program namun harus ada pembinaan kepada kelompok-kelompok yang sudah ada melalui dinas-dinas terkait. “Sehingga kedepannya program yang diberikan akan berjalan sesuai dengan harapan. Semakin banyak instansi pemerintah yang  terlibat dalam sebuah kegiatan itu akan lebih baik dan akan menjadi lebih kuat,” paparnya.

Kepala Desa diwakili Sekdes, Salam juga mengutarakan semoga bantuan yang diterima masing-masing kelompok di Desa Tebas Sungai dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan di tiap-tiap lingkungannya. “Atas nama Pemerintah Desa mengucapkan selamat berkarya pemuda pemuda Desa Tebas Sungai khususnya pengurus PKBM Jeruk Manis Tebas Sungai terlebih lagi pemuda Dusun Kenanga,” ucapnya.

Eben D Mukrat Selaku Ketua PKBM Jeruk Manis mengutarakan Program PKM (Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat) Pelatihan Home Industri “Keripik Singkong” ini adalah Bantuan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud wujud nyata dilakukan PKBM Jeruk Manis Tebas Sungai dalam mewujudkan Visi Misi PKBM kedepan. Bantuan peralatan dan bahan diserahkan kepada 5 kelompok, satu kelompok terdiri dari 4 orang dan mewakili setiap dusun di Desa Tebas Sungai,

“Bukan hanya bantuan peralatan dan bahan yang diserahkan, para peserta diberi bantuan modal usaha lanjutan bahkan PKBM Jeruk Manis akan melakukan pembinaan selama 3 (tiga) bulan sesuai dengan Petunjuk teknis Kemendibud RI,” ungkapnya.  PKBM Jeruk Manis mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah mensukseskan kegiatan ini terutama Bidang PNFI Disdik Sambas, Bidang PAUDNI Disdikbud Kalbar, yang telah mempercayai PKBM Jeruk Manis untuk direkomendasikan sebagai Lembaga penerima bantuan. Tidak lupa, kata dia, ucapan terima kasih kepada Eko Wiyaoni STP,  selaku Instruktur pelatihan, Yusuf Han selaku narasumber dari  Pihak Dinkes Sambas, A. Nurhadi dari Diskumindag Sambas.

Sementara ini, tambah Eben, Sekretariat PKBM Jeruk Manis menggunakan eks rumah dinas guru. Dulunya rumah ini dijadikan ajang para remaja nongkrong dan melakukan hal yang menjurus hal negatif, kini ditangan dingin Eben dan kawan –kawan di PKBM Jeruk Manis dapat menyulap eks rumah dinas guru tersebut menjadi tempat yang serba guna bagi masyarakat seperti Taman Bacaan Masyarakat (TBM Jeruk Manis), Tempat Latihan Teater, Drama/Parodi, dan bahkan kedepannya akan menjadi tempat Posyandu, dan rencana tahun ini dijadikan PAUD Terpadu (Pendidikan Anak Usia Dini) serta kegiatan positif lainnya, semoga pemerintah Daerah  kedepannya dapat memperhatikan dan membina lembaga PKBM Jeruk Manis.

Terkait dengan program program kerja PKBM Jeruk Manis bahwa tahun 2016 ini PKBM Jeruk akan mengikutsertakan Ujian Kesetaraan atau Ujian PAKET A, B dan C  sebanyak 177 Orang yang tersebar diwilayah kecamatan tebas dan sekitarnya yakni (Paket A : 11 orang, Paket B : 52 orang, Paket C : 114 orang). (har)

Berita Terkait