Pj Bupati Kunker ke Simpang Hulu & Simpang Dua , Resmikan Gedung Sekolah Bantuan Australia

Pj Bupati Kunker ke Simpang Hulu & Simpang Dua , Resmikan Gedung Sekolah Bantuan Australia

  Kamis, 3 December 2015 11:27
PENGGUNTINGAN PITA: Penjabat Bupati Ketapang Kartius didampingi istri, Ny Yuliana Kartius, saat melakukan pengguntingan pita untuk peresmian gedung baru SMPN 4 Simpang Hulu dan SMAN 1 Simpang Dua, kemarin. ISTIMEWA

BALAI BEKUAK – Penjabat (Pj) Bupati Ketapang Kartius meresmikan gedung baru SMPN 4 Simpang Hulu dan gedung baru SMAN 1 Simpang Dua, kemarin. Kedua sekolah tersebut baru selesai dibangun menggunakan dana hibah Pemerintah Australia, dalam program kemitraan pendidikan Australia-Indonesia tahun anggaran 2014.

Peresmian tersebut dilangsungkan dalam rangkaian kunjungan kerja yang dilakukan Pj Bupati yang saat itu didampingi oleh jajaran SKPD Kabupaten Ketapang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang Jailin, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang Ny Yuliana Kartius.

Bangunan sekolah yang diresmikan langsung oleh Pj Bupati tersebut mulai dikerjakan pada Desember  2014. Pengerjaannya dilaksanakan melalui program pengembangan unit sekolah baru, dengan mekanisme partisipasi masyarakat, menggunakan dana hibah Pemerintah Australia, program kemitraan pendidikan Australia-Indonesia tahun anggaran 2014. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang dikucurkan ke sana mencapai Rp2.900.390.000.

Dengan pembangunan unit baru gedung SMP dan SMA tersebut, Kartius berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan sekolah tersebut dengan baik. Masyarakat diminta dia untuk dapat menjaga serta merawat keberadaan sarana pendidikan tersebut dengan baik. Pasalnya, dia mengingatkan, sarana pendidikan tersebut terbangun sebagai bentuk kepedulian langsung dari Pemerintahan Australia melalui kemitraan pendidikan Australia-Indonesia.

Pj Bupati juga berpesan kepada masyarakat di Kecamatan Simpang Hulu, agar memanfaatkan sekolah tersebut dengan baik. Dia juga berpesan agar pemerintah, masyarakat, dan orang tua murid di kecamatan tersebut mampu menjaga keberadaan sekolah tersebut. "Saya minta kepada siswa untuk betul-betul sekolah, karena masa depan itu hanya bisa dirubah dengan sekolah. Tanpa sekolah, kita tidak bisa merubah masa depan kita. Jadi, kalau kita mau berubah, kita mau maju, kita harus sekolah," gugah Kartius.

Menurutnya, bangunan sekolah ini sudah diberikan oleh Pemerintah Australia untuk membantu masyarakat di kecamatan tersebut. Dia menambahkan bagaimanas negeri kangguru tersebut membangun sekolah, agar anak-anak di Kecamatan Simpang Dua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi."Harapan saya dengan diresmikan SMP 4 Simpang Hulu ini, diharapkan kepada masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMP ini. Tidak ada lagi yang putus sekolah tamat SD,  tapi lanjut sampai ke SMP, kemudian untuk anak-anak dan masyarakat sini," kata dia.

Diakui Kartius jika bangunan SMPN 4 ini menelan biaya cukup besar, merupakan bentuk bantuan Pemerintah Australia bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Kalbar, Pemerintah Kabupaten Ketapang, sampai ke Kecamatan. Usai melakukan peresmian tersebut, Pj Bupati berserta Kepala Dinas Pendidikan Jahilin dan rombongan yang ikut juga menyerahkan langsung bantuan berupa alat-alat perlengkapan sekolah kepada siswa-siswi kurang mampu, serta bantuan untuk kelompok tani yang ada di masing-masing kecamatan tersebut. (afi/ser)