Pita Merah Bentuk Kepedulian

Pita Merah Bentuk Kepedulian

  Senin, 30 November 2015 09:38

Berita Terkait

Salam remaja! Masa remaja menjadi masa yang penuh tantangan. Karena masa inilah remaja memiliki keingintahuan yang besar dan cenderung mengikuti trend pergaulan, sehingga banyak remaja yang terjerumus pada prilaku menyimpang termasuk pergaulan bebas. Dan pergaulan bebas menjadi salah satu penyebab utama akan wabah HIV/AIDS. Wuidih….serem juga yak! Mumpung ngebahas soal HIV/AIDS nih, pada tahu kan jika besok, tanggal 1 Desember, diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Kira-kira bagaimana ya respon dan aksi anak muda Pontianak dalam memperingatinya?

Aktiv dalam Duta HIV

Sebagai seorang remaja wajar rasanya jika Dinda Ramadhanty juga peka mengenai HIV/AIDS. Dan bukan hal yang lumrah lagi jika cewek yang akrab disapa Dinda ini terbilang aktif dalam memperingati hari AIDS yang jatuh pada tanggal 1 Desember. “Kebetulan aku juga aktif dan tergabung dalam komunitas Duta HIV sehingga setiap tahunnya pasti ada agenda dalam memperingati hari AIDS,” tutur dara berusia 16 tahun ini. Salah satu aktivitas atau kegiatan yang sempat diikutinya adalah kampanye anti AIDS. Ia bersama rekan-rekan lainnya mengkampanyekan bahaya yang ditimbulkan serta bagaimana cara mencegahnya. “Berharapnya bisa menanggulangi bahaya HIV/AIDS, apalagi remaja juga rentan terhadap bahaya ini,” tambah cewek yang ngendon di Tanray I ini.

 

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memperingati hari HIV/AIDS, salah satunya aksi yang sempat dilakukan oleh Emelia. Cewek berusia 17 tahun ini mengaku di berbagai kesempatan ketika memperingati hari AIDS dirinya nggak merasa malu untuk terjun dan melakukan aksi membagikan pita merah ke ruas jalan. “Biasanya banyak orang yang nggak tahu jika tanggal 1 Desember itu hari AIDS. Jadi dengan membagikan pita merah ini menyadarkan dan menginfokan juga tentang hari AIDS,” tutur Emelia. Meskipun terbilang cara yang simple, siswi SMKN 1 Pontianak ini merasa senang bisa ikut serta.” “Setidaknya ini menjadi bentuk kepedulian aku sebagai remaja terhadap bahaya HIV/AIDS,” cuap cewek yang ngendon di jalan Karet ini.

Proteksi Diri Sendiri

Meski nggak pernah memperingai hari AIDS bukan berarti Vivi Riyany nggak mengetahui tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS. Sejauh ini aku belum pernah terjun langsung untuk memperingati hari AIDS,” ujar Siswi SMKN 5 Pontianak ini. But, Vivi memiliki caranya sendiri untuk memperingati hari AIDS dengan caranya sendiri yakni menghindari bahaya-bahaya yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit. “Lebih protect ke diri sendiri kali ya, apalagi saat ini kita juga bisa akses bahaya apa aja sih yang bisa menyebabkan seseorang terjangkit,” tambahnya. Dengan semangat, cewek berusia 16 tahun yang ngendon di Tanjungpura ini mengajak seluruh remaja untuk lebih protect dan menjauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat menimbulkan bahaya HIV/AIDS seperti pergaulan dan seks bebas. Lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik menghindar daripada menyesal di kemudia hari,” tutupnya. (ghe)

Berita Terkait