Pimpin Rapat, Bupati Soroti Kinerja SKPD

Pimpin Rapat, Bupati Soroti Kinerja SKPD

  Sabtu, 22 Oktober 2016 09:21

Berita Terkait

KETAPANG – Memimpin satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu harus memiliki pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan kepribadian (attitude). Hal tersebut diungkapkan Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, saat memimpin Rapat Evaluasi SKPD bersama Wakil Bupati Drs Suprapto S di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang, Jumat (21/10)

Pengetahuan yang dimaksud dia adalah terhadap bidang tugas, seluk beluk bidang tugas. Selanjutnya, dia menambahkan, harus memiliki keterampilan, terampil, dan piawai untuk menyelesaikan tugasnya. “Tak kalah penting adalah memiliki kepribadian yang baik, kepribadian yang baik untuk  menuntunnya untuk tidak berbuat yang macam-macam yang menciptakan citra yang tidak baik,” tegas Bupati di hadapan jajaran SKPD pemerintahannya.

Rapat evaluasi kinerja tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Drs HM Mansur MSi bersama para asistennya, para kepala dinas, badan, serta kantor, hingga para camat. Dalam pemaparannya, Bupati menjelaskan jika pertemuan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung, apa sebenarnya kendala yang dihadapi oleh jajaran SKPD, dalam menjalankan program dan kegiatan. Bupati menyayangkan, sampai memasuki minggu III Oktober 2016, capaian kinerja belum optimal. Dia sendiri masih menemukan SKPD yang capaian kinerjanya rendah. Untuk itu, dirinya langsung memerintahkan kepada inspektor Inspektorat Kabupaten Ketapang, Dersi SH, untuk segera membentuk tim khusus, mencari fakta dan investigasi terkait hal tersebut. Kemudian, dalam arahannya, dia meminta agar Inspektor melaporkan hasil tim khusus  tersebut kepadanya.

Dalam rapat evaluasi kinerja ini, Bupati juga memberikan perhatian yang besar tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Karena itu, Martin meminta kepada seluruh SKPD yang terlibat, untuk menyukseskan pesta demokrasi di tingkat desa ini. Agenda ini sendiri, diingatkan dia, akan dilaksanakan pada awal Desember mendatang, di mana pelantikan akan dilaksanakan pada minggu III dan IV Januari 2017. “Persiapkan dengan baik, dan jangan ada kegaduhan-kegaduhan. Kalau ada persoalan-persoalan cepat selesaikan,” pesan dia.

Sementara itu wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Drs Suprapto S, dalam rapat evaluasi kinerja ini  menyoroti pada pelaksanaan proyek-proyek pembangunan. Mantan Inspektor Inspektorat Kabupaten Ketapang ini meminta kepada PPK dan PPTAK yang menangani proyek-proyek pembangunan fisik, agar benar-benar melakukan pengawasan dengan baik. Dengan pengawasan yang teliti dan cermat, dia yakin pelaksanaan kegiatan  sesuai dengan perencanaan, sehingga tidak bermasalah dan berkualitas baik.

Pada rapat evaluasi kinerja ini dipaparkan juga tentang perencanaan pembangunan Kabupaten Ketapang, utamanya terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan perencanaan capaian-capaian kinerja 6 Misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang 2016 – 2021,yang disampaikan oleh kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ketapang, Drs Mahyudin MSi. (PK)

Berita Terkait