Pilkades Serentak Petahana Tumbang

Pilkades Serentak Petahana Tumbang

  Senin, 29 Agustus 2016 09:30
SERENTAK : Petugas KPPS sedang melakukan perhitungan perelohan suara calon Kades di Desa Pala Pulau Kecamatan Putussibau Utara.

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 74 desa se-Kapuas Hulu, Sabtu (27/8) pekan lalu berjalan tertib. Itu terjadi lantaran masing-masing unsur pimpinan kecamatan (Muspika) turun langsung untuk memonitor pesta demokrasi ditingkat desa. Sebagian besar Kades Petahana tidak bisa pertahankan jabatannya, sementara kades baru unggul di beberapa kecamatan. 

Kecamatan Putussibau Selatan salah satunya, hanya petahana Kades Sungai Uluk Mersiana Erni yang bisa bertahan. Sementara Desa Melapi yang sebelumnya dijabat pelaksana tugas (Plt) dimenangkan Sekundus.

Demikian juga dengan desa Suka Maju, petahana juga tumbang, Adam berhasil meraih suara terbanyak.Sedangkan untuk desa Cempaka Baru jugadimenangkan calon kades baru yakni Idin.

“Dari lima desa yang menyelenggarakan Pilkades, desa Bungan Jaya belum diketahui hasilnya. Karena desa tersebut berada dihulu kapuas, akses informasinya masih sulit,” tutur Camat Putussibau Selatan, H. Iwan Setiawan.

Dia mengatakan, secara keseluruhan Pilkades di daerahnya berjalan tertib dan lancar. Karena seluruh unsur Muspika Putussibau Selatan turun memonitor kegiatan Pilkades ini.

Demikain di kecamatan Putussibau Utara, seperti dikemukakan Camat Putussibau Utara Hermanus Susanto dari tiga desa hanya desa Sibau Hulu yang dimenangkan petahana yakni Tolomanius Saung. Sementara  di desa Tanjung Beruang dimenangkan oleh Dani, demikian dengan desa Pala Pulau dimenangkan Antonius Gandi. “Semua tahapan berjalan lancar dan tertib. Seluruh unsur Muspika langsung memonitor ke desa-desa penyelenggara pilkades,” paparnya.

Sedangkan di kecamatan Boyan Tanjung semua petahana tumbang, kades-kades yang terpilih adalah pendatang baru. Hanya Madduani mantan kades yang sebelumnya pernah menjabat, akan tetapi mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai anggota lesgislatif di tahun 2009. Dan pada tahun 2016 ini ia kembali mencalonkan dirinya dan berhasil kelalahkan Nurhakim sebagai petahana.

“Yang terpilih semuanya kades baru. Satupun petahana tidak ada yang terpilih kembali,” ungkap H. Sudarso. Dijelaskannya, untuk Desa Nanga Danau kedes terpilih Ujang Ilham, Desa Nanga Ret yang terpilih Witarsa,  Desa Nanga Batung Madduani, Desa Riam Mengelai Kamaruzzaman, Desa Delintas Karya terpilih Bahriman. “Seluruh tahapan berjalan lancar, berkat kerja keras semua pihak,” jelasnya.  

Camata Batang Lupar Gunawan menyebutkan secara umum pesta demokrasi di daerahnya berjalan lancar dan sebagian petahanan tumbang. Dari empat desa yang menyelenggarakan Pilkades, dua desa dimenangkan petahana. Yakni Desa Mensiau tampil sebagai pemenang adalah Silveter Berasap dan desa Desa Lebian Hermanus Riyanto.

“Barasap dan Hermanus merupakan incumbent,” terangnya.

Sementara Desa Sempadan Adi Gunawan terpilih sebagai kades baru, demikian juga Desa Sungai Abau Emenuel  Badi yang merupakan calon baru mendapat kepercayaan dari masyarakatnya.

“Untuk Batang Lupar ini aman, tak ada kendala. Besok perolehan suara sudah kami serahkan ke kabupaten,”  jelasnya. Semua unsur Muspika turun langsung, disetiap TPS ada aparat kepolisian dan TNI bertugas.

Demikian juga di kecamatan Silat Hilir, dari lima desa yang menggelar Pikades, hanya satu petahana yang bisa bertahan yakni Paulus Kepalada desa Pulau Bergerak (PB) Penai. Sedangkan empat desa lainnya dimenangkan calon baru. Yakni desa Bukit Penai dimenangkan Eko Budi,  Desa Miau Merah dimenangkan Hasanudin Lasah, Desa Pengeran Sumadi dan desa Sungai Sena dimenangkan Suharto.

“Secara umum penyelenggaraan Pilkades lancar. Diawal-awal memang sempat ada protes dari kubu calon tertentu, namun bisa kami atasi,” terang Camat Silat Hilir Abdul Azis. Dia menyebutkan saat ini pihaknya tengah berupaya merekab hasil pilkades serentak. Hasil Pilkades segara di serahkan ke kabupaten.

“Siang hari kami tidak bisa bekerja, karen listrik menyala hanya malam hari saja,” tuturnya. Berbeda dengan kecamatan lainnya, dikecamatan Silat Hulu, seperti disampaikan camat Silat Hulu Indrayadi.

dari lima desa yang menyelenggarakan Pilkades, empat desa dimenangkan oleh petahana. Desa Belimbing Abel masih bertahan, demikian juga Kades Nanga Ngeri Ahmad Dait, Kades Selimu Petrus Suandi dan Kades Entebi Saksirait masih tetap bertahan. Untuk Desa Perjuk dimenangkan oleh Andreas Tingkah merupakan Kades baru.(aan)

Berita Terkait