Pilkades Serentak 74 Desa Lancar, Begini Cara Polisi Mengamankannya

Pilkades Serentak 74 Desa Lancar, Begini Cara Polisi Mengamankannya

  Minggu, 28 Agustus 2016 06:54

Berita Terkait

PELAKSANAAN Pemilu Kades secara serentak 74 desa yang tersebar di 20 kecamatan, Kabupaten Kapuas Hulu berjalan aman dan lancar. Pemilu berlangsung Sabtu (27/8) dimulai pukul 07.00 hingga selesai. Kondisi kamtibmas selama Pemilu Kades aman dan terkendali.
Jumlah personil polisi yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu Kades serentak tersebut sebanyak 193 orang terdiri dari 143 personil dari Polsek dan 50 personil back up Polres Kapuas Hulu, untuk mengamankan 220 Tempat Pemungutan suara (TPS ).  
Pola pengamanan tidak jauh berbeda dengan Pola Pengamanan yang diterapkan pada saat Pemilu Kepala Daerah, Pemilu Gubernur, Presiden maupun Pemilu Legislatif. “Bahkan kerawanannya lebih besar pemilu kades, karena masing masing calon memiliki pendukung fanatik,  dan potensi konflik antar pendukung sangat tinggi,” kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin, SIK, MH.

Diungkapkan Pilkades memomennya hampir sama dengan pemilu lainnya seperti Pemilu, Legislatif, Pemilu Presiden, Pemilu Gubernur dan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati, yang masing-masing calon memiliki masa pendukung, yang memiliki kapasitas berbeda-beda. Ini tentunya kerawanan bisa terjadi di tempat pemilihan.            

Maka Kapolres Kapuas Hulu memerintahkan Kabag Ops Polres Kapuas Hulu Kompol Joko Sarwono untuk melakukan langkah pengamanan dan pemetaan daerah rawan Pilkades.
Setelah di-mappiing dengan baik, baru dicari cara bertindak yang tepat sesuai karakteristik dan ancaman yang ada. Sehingga polisi tidak kecolongan bila terjadi gangguan kamtibmas dan dapat dengan cepat dieliminir.
Pada kesempatan terpisah Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak MM, memberikan apresiasi kepada Kapolres Kapuas Hulu dan jajarannya dalam mengamankan pemilu kades serentak di 74 desa yang tersebar di 20 kecamatan.
Hal itu tentunya selain kerja keras anggotanya, tentunya tidak terlepas dari dukungan masyarakat, Oleh karenanya sinergitas pooisional, sinergitas instansional dan sinergitas fungsional antar fungsi dikepolisian juga memiliki andil yang cukup hesar dalam menciptakan rasa aman menjelang, pada saat atau pasca pemilu kades serentak.
Disamping itu penggeseran pasukan dari Polsek tetangga atau Polsek juga memberikan kontribusi terciptanya rasa aman masyarakat dalam menentukan pemimpinnya, melalui Pemilu Kades Serentak.(r/PNCSW )

 

 

Berita Terkait