Pilkada, Jangan Terpecah

Pilkada, Jangan Terpecah

  Minggu, 26 June 2016 10:44
BERI BANTUAN: Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH saat memberikan bantuan kepada masyarakat Kota Singkawang dalam Safari Ramadannya ke Kota Singkawang, Jumat (24/6) lalu. HUMASPROV FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG – Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH mengajak masyarakat Kota Singkawang agar tetap menjaga kekompakan dan persatuan, dalam membangun Kota Singkawang menjadi semakin maju. "Kita tetap kompak bersatu, walau berbeda. Beraneka ragam agama, tapi kita tetap kompak. Antarpemeluk agama di Kalbar tidak ada gap. Di sini kita bisa menunjukkan bahwa kita bisa saling menghormati. Jangan sampai karena pilkada kita terpecah. Karena siapa pun terpilih dia tetap pemimpin kita," pesan Gubernur pada safari Ramadan di Kota Singkawang, Jumat (24/6).

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di pemerintahan Kalbar itu memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, yang ditujukan kepada masyarakat Kota Singkawang. Bantuan yang disalurkan berupa alat pertanian dan lainnya. Bantuan tersebut langsung diterima wali Kota Singkawang, Drs H Awang Ishak MSi serta perwakilan masyarakat Singkawang, yang dilangsungkan di Aula Kantor Wali Kota Singkawang.       

Cornelis dalam sambutannya mengingatkan bahwa ancaman pada masyarakat Kalbar sekarang ini, bahkan juga ancaman bagi masyarakat dunia adalah  teroris dan narkoba. Namun, dia yakin, kedua hal tersebut bisa dicegah melalui iman yang kuat. "Melalui puasa kita dididik iman anak-anak kita. Ulama dan tokoh agama kita perlu mengingatkan dalam keluarga tentang bahaya narkoba, sehingga iman anak-anak dan keluarga kita kuat. Dari dalam rumah, dari dalam keluarga, kita bisa menanamkan iman agar kuat, sehingga tidak terpengaruh. Demikian juga birokrat, rubah mindset, kita bukan raja, bukan feodal, kita adalah pelayan masyarakat, masyarakat Kota Singkawang harus bergotong royong dan kompak. Jangan malar berkelahi bikin laporan. LSM malar ngantam pemerintah, kapan mau maju? Nasib suatu kaum berubah atau tidak berubah, tergantung kaum itu sendiri," gugah mantan Bupati Landak itu. 

Melalui momen bulan puasa ini kata, Cornelis kerap mengingatkan untuk mengintrospeksi diri. Bahkan bagi pegawai pemerintah, dia berpesan agar memberikan pelayanan yang berkeadilan kepada masyarakat.             

Kata Cornelis lagi, berpuasa adalah melaksanakan perintah Tuhan, agar mengendalikan diri dan mengintropeksi diri. "Mari kita bersama-sama dalam bulan suci Ramadan ini melaksanakan perintah Allah dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, mulai dari diri sendiri, untuk kemajuan bangsa dan negara," ajak Cornelis. 

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Awang Ishak sempat mencurahkan aspirasi masyarakat kepada Gubernur, terkait Bandara Singkawang hingga pelabuhan laut internasional. Apa yang disampaikannya tersebut, dipastikan Awang, begitu sangat dibutuhkan di kota yang dipimpinnya ini.

Menanggapi itu, Cornelis sependapat bahwa pembangunan lapangan terbang begitu perlu, agar memudahkan turis-turis langsung mendarat ke Singkawang, serta menjangkau Sambas dan Bengkayang. Dia juga beralasan apabila Bandara Supadio gangguan, kelak pesawat tidak harus mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, seperti yang terjadi selama ini. Demikian juga pelabuhan internasional, Gubernur juga menyayangkan, sudah 70 tahun Indonesia merdeka, namun Kalbar belum juga memilikinya. "Tapi jangan emosi, kita tetap berjuang," pinta Cornelis. (humas)

Berita Terkait