Pilih Mana Italia ?

Pilih Mana Italia ?

  Selasa, 21 June 2016 09:30
SELEBRASI : Pemain Italia melakukan selebrasi saat menang atas Belgia pada laga (13/6) di Stade de Lyon, Lyon, Prancis. REUTERS/Jason Cairnduff Livepic

Berita Terkait

MILAN – Republik Ceko yang diharapkan menjadi lawan Italia di perdelapanfinal. Italia ke babak 16 besar dengan menyandang status juara Grup E dengan raihan enam poin. Hasil itu dipetik mereka dalam dua pertandingan, yaitu saat berhadapan dengan Belgia yang berakhir 0 – 2. Penyumbang kemenangan saat itu di menit 32 Emanuele Giaccherini,  dan menit 90 oleh Graziano Pelle. Kemenangan berikutnya saat berhadapan dengan Swedia yang berakhir 1-0 dicetak oleh Eder di menit 88.

Italia masih menunggu lawan yang akan dihadapi di babak 16 besar. Tim penghuni runner-up Grup D akan menjadi lawan yang akan dihadapi Italia yaitu Ceko dan Kroasia. Keduanya menjadi tim yang kemungkinan besar akan lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup D. Spanyol yang ada di posisi pertama juga bisa saja turun satu peringkat andai kalah dari Kroasia di laga terakhir.

Spanyol saat ini memuncaki Grup D dengan raihan enam poin, Kroasia ada di posisi dua dengan empat angka, sementara Ceko ada di posisi tiga dengan raihan satu angka. Eks pemain dan pelatih asal Italia, Marco Tardelli, mempunyai harapan soal lawan yang akan dihadapi oleh tim 'Biru Langit'.

"Saya berharap bahwa itu Republik Ceko. Tapi jika pilihan itu menjadi Spanyol atau Kroasia, saya lebih memilih nama yang terakhir. Bermain melawan Spanyol itu sulit, mereka selalu menemukan jalan untuk menyulitkan Anda," kata Tardello di La Gazzetta dello Sport.

"Dan pertahanan kroasia selalu mengambil risiko, bahwa jika (Luka) Modrid absen atau tidak fit, maka mereka cukup banyak kehilangan," imbuhnya seperti dilansir detiksport.

Sementara itu, David Silva, gelandang Spanyol menyebutkan pertandingan pamungkas grup lawan Kroasia akan berlangsung sangat sulit. Lantas apakah itu menjadi sebuah kemungkinan mereka yang akan dihadapi Italia? Jika ingin menghindari Italia, performa sebelumnya haruslah dipertahankan. Silva menyebut, timnya memiliki kemampuan untuk memenangi Euro 2016 jika tetap mempertahankan performa seperti di level saat ini.

La Furia Roja meraih kemenangan di dua pertandingan awal Grup D, lawan Republik Ceko dan Turki, tanpa kebobolan. Performa apik itu membuat Silva memiliki keyakinan kalau timnya bisa mempertahankan gelar. Spanyol akan menghadapi Kroasia di laga pamungkas grup pada Rabu (22/6) dini hari WIB. Sedangkan di grup E sendiri, Belgia maupun Swedia terancam pulang lebih cepat. Keduanya punya kans menemani Italia yang sudah duluan lolos dan tinggal menunggu lawan. 

Punggawa Swedia Zlatan Ibrahimovic cukup punya waktu untuk fokus pada timnya. Meski di sisi lain posisinya di level klub akan segera berstatus bebas transfer menyusul habisnya masa kontrak dengan Paris Saint-Germain. Dia masih belum mengambil keputusan tentang masa depannya meski  telah kencang dikabarkan akan bergabung ke Manchester United. 

Meski usianya sudah 34 tahun, namun namanya masih cukup jadi primadona untuk direkrut.

Tapi agennya, Mino Raiola, menyatakan bahwa ternyata Ibra masih belum memutuskan.

"Manchester United adalah tim glamor dan mereka punya pelatih yang bagus. Mereka mengagumkan," kata Raiola kepada Telefoot.

"Untuk menghormati Piala Eropa, tim, negara, dan pelatih, dia harus bersikap profesional dan konsentrasi pada itu," tandasnya dikutip Soccerway. Ibra wajib membawa negaranya menang atas Belgia di partai terakhir fase grup untuk menemani Italia yang sudah lebih dulu memastikan melaju dari Grup E. (bas)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait