Pilih Ketua FAD dan Duta Anak 2016

Pilih Ketua FAD dan Duta Anak 2016

  Kamis, 14 April 2016 11:01
FAD: Wabup Gusti Ramlana mengalungkan tanda peserta kegiatan FAD 2016.WAHYU/PONTIANAKPOST

MEMPAWAH–Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Forum Anak Daerah (FAD) di Wisma Chandramidi Mempawah. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari sejak tanggal 12-15 April itu dikuti 50 anak se-kabupaten. Salah satu agendanya memilih Ketua FAD dan empat duta anak.

Wakil Bupati, Gusti Ramlana dalam sambutannya ketika membuka kegiatan FAD mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mempawah menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan tersebut. Sebab, dia berpandangan, FAD sebagai wahana bagi anak-anak untuk menyampaikan aspirasi.

“Wujud pembinaan terhadap anak-anak sejalan dengan visi pemerintah daerah dan program nasional anak Indonesia. Yakni terciptanya anak sehat, tumbuh dan berkembang, cerdas, ceria, berakhlak mulia, terlindungi, dan aktif berpartisipasi,” ujar Ramlana.

Secara hukum, ulas Ramlana, anak punyai hak untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi. UU memberikan kebebasan kepada anak untuk mengeluarkan ide dan berpendapat. Asalnya apa yang disampaikan bersifat membangun masa depan dan sesuai nilai-nilai kepatutan dilingkungan masyarakat.

“Pada pasal 10 Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak mengatakan, anak Indonesia memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat sesuai tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan diri dan masa depan,” ungkapnya.

Karena itu, masih menurut Ramlana, sangat penting untuk memberikan ruang bagi anak agar dapat berpartisipasi aktif mengungkapkan pendapatnya dan didengarkan secara serius. Mengingat, partisipasi anak merupakan salah satu tantangan yang perlu didengarkan dan dipenuhi.

“Dibutuhkan orang-orang yang punya kepedulian, waktu, dan kemampuan mendengarkan serta menafsirkan pesan-pesan anak. Orang dewasa harus mendukung tumbuh-kembang anak sesuai potensinya. Hal itu sangat penting, karena anak-anak inilah yang akan tumbuh menjadi generasi penerus pembangunan daerah,” tuturnya.

Kepada peserta FAD, Ramlana berpesan agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan tekun dan fokus. “Bagi peserta yang terpilih menjadi Ketua FAD maupun duta-duta anak, maka sampaikan kembali pengetahuan yang telah didapat dari kegiatan ini kepada teman-teman lainnya,” saran Wabup.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Mempawah, Ikke Wicaksono menerangkan, FAD berlangsung selama empat hari. Dalam kegiatan itu juga akan dilaksanakan pemilihan Ketua FAD Kabupaten Mempawah 2016 dan empat duta anak.

“Selain memilih Ketua FAD, juga akan dipilih Duta Pendidikan, Duta Kesehatan, Duta Partisipasi, dan Duta Perlindungan. Selanjutnya, mereka akan diikutkan dalam ajang FAD tingkat provinsi pada Mei mendatang,” singkatnya.(wah)