Piasak Wakili Kalbar

Piasak Wakili Kalbar

  Rabu, 22 June 2016 10:00
JUMPA PERS: Bupati Kapuas Hulu AM Nasir didampingi Sekda Muhammad Sukri, Kabag Humas Usmandi, dan Kasubag Humas Abang Hamzah saat jumpa pers terkait dipilihnya Desa Piasak sebagai juara pertama lomba desa tingkat Provinsi. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Setelah menyisihkan 277 desa di Kapuas Hulu, kini Desa Piasak, Kecamatan Selimbau, terpilih sebagai juara pertama lomba desa tingkat Provinsi. Mereka berhasil menyisihkan 13 desa perwakilan kabupaten/kota di Kalbar. Desa Piasak akan mewakili provinsi ini pada ajang yang sama di tingkat nasional tahun ini.

Desa Piasak merupakan desa yang sebagian besar penduduknya merupakan petani dan nelayan sungai  serta danau. Pada lomba desa tingkat provinsi beberapa waktu lalu, desa ini berhasil menyisihkan 13 desa perwakilan kabupaten/kota se-Kalbar. Penetapan pemenang oleh Pemprov Kalbar melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kalbar pada 10 Juni lalu.

Dengan demikian, Desa Piasak akan mewakili Kalbar pada ajang yang sama tingkat nasional. Mereka akan bergabung pada regional Kalimantan-Sulawesi. Pada lomba desa tingkat Provinsi, Desa Piasak  terpilih sebagai pemenang pertama. Kemudian disusul Desa Sungai Radak, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya di tempat kedua, serta Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, ketiga.

“Tanggal 23 Juni ini tim dari Provinsi sudah berangkat ke Jakarta untuk seleksi administrasi ditingkat regional,” ungkap Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat jumpa pers di kantornya, Selasa (21/6) siang. Diakui dia, terpilihnya Desa Piasak sebagai juara pertama pada lomba desa tingkat provinsi, tentu berkat kerja keras semua pihak. Termasuk, diakui dia juga, berkat pengalaman SKPD terkait, yakni pihak BPMPD kabupaten.

Bupati yang di dampingi sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Sukri, menjelaskan, berdasarkan pengalaman tahun 2013, di mana desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, masuk 10 besar tingkat nasional. Pengalaman ini, diakui dia, merupakan modal mengantarkan Piasak menang pada lomba tingkat Provinsi dan diharapkan bisa meraih yang terbaik di tingkat nasional. “Ini menunjukan Kapuas Hulu bisa bersaing dengan daerah lain,” ucapnya.

Politisi PPP ini mengungkapkan terpilihnya Piasak sebagai juara pertama, tidak terlepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat Desa Piasak. Dia mengatakan, dalam kompetensi ini, tim penilai telah bekerja profesional dalam menilai desa perwakilan 14 kabupaten/kota. “Kami bersyukur Piasak bisa masuk ke tingkat nasional. Saya juga berterimakasih kepada Pemprov Kalbar,” terangnya.

Menurutnya, tim juri dari Provinsi sudah bekerja bekerja keras dan sangat profesional. Dengan meraih juara satu tingkat provinsi Kalbar, otomatis, dia mengungkapkan bahwa Kapuas Hulu membawa nama Kalbar ke tingkat nasional. “Nanti, Desa Piasak akan berasing lagi di tingkat regional Kalimantan-Sulawesi. Selanjutnya baru masuk ke tingkat nasional. Yang dibawa nanti sudah nama provinsi,” kata Bupati dua periode ini.

Bupati mengatakan, saat ini Desa Piasak tengah bersiap menghadapi lomba tingkat nasional dan tinggal melakukan pemantapan. Dikatakan dia, dipilihnya Desa Piasak sebaga pemenang sangat tepat. Karena, menurut dia, semua indikator penilaian sangat mendukung. Dimisalkan dia seperti bidang kemasyarakatan dan aktivitas lainnya, termasuk administrasi, pendudukan dan lainnya, sebagai salah satu kriteria sudah sangat baik.(aan)

Berita Terkait