PHBI Keliling Kecamatan

PHBI Keliling Kecamatan

  Jumat, 24 June 2016 09:30
NUZUL QURAN: Tausiyah saat nuzul quran di Semuntai yang diadakan PHBI Kabupaten. SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SANGGAU - Tahun ini, peringatan nuzulul quran tingkat kabupaten dilaksanakan diluar kota. Ini kali pertama dilaksanakan guna menjangkau semua wilayah yang ada di kabupaten sanggau. Selasa kemarin, PHBI melaksanakannya di Semuntai, Kecamatan Mukok.

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau kali ini melaksanakan nuzul quran diluar kota,” ujar Ketua PHBI Hadi Sudibjo.

Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1437 H  betepatan dengan Selasa 21 Juni 2016 lalu dilaksanakan di Masjid Al Falah Desa Semuntai Kecamatan Mukok.

Kedepan, PHBI akan melaksanakan hal serupa pada peringatan hari besar Islam lainnya secara bergantian disetiap kecamatan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan persaudaraan dan tali silaturahmi antara umat.

“Ini bagian dari silaturahmi dan menggemakan ukhuwah islamiah ke semua wilayah di Kabupaten Sanggau ini,” jelasnya kemarin.

Ketua Pengurus Mesjid Al Falah, Jalaludin mengungkapkan bahwa Masyarakat Semuntai khususnya umat muslim sangat berbangga dan berterima kasih atas terselenggaranya peringatan Nuzulul Qur’an oleh PHBI Kabupaten Sanggau. “Kami sangat terkesan karena baru kali ini Mesjid kami memperingati Nuzulul Qur’an secara ramai. Semoga ini menjadikan semangat bagi kami untuk melaksanakan peringatan hari besar Islam dikemudian hari  seperti malam kemarin,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, M.Natsir menyampaikan Nuzulul Qur’an adalah suatu momentum di bulan Ramadan yang sering diperingati oleh umat Islam untuk mengenang turunnya al-Qur’an. Penyebutan Nuzulul Qur’an untuk merujuk kepada sejarah turunnya al-Qur’an yang secara bervariatif semua pendapat menyebutnya pada bulan Ramadan. Bulan suci ramadan selain bulan yang penuh rahmat dan pengampunan juga sangat dikenal sebagai bulan mulia karena diturunkan kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk bagi kaum muslimin,” terangnya.

Menurutnya, momen ini harus dijadikan sebagai tonggak untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu, menjaga silaturahmi antar umat Islam juga sangat penting. (sgg)

Berita Terkait