Pesta Sabu di Pinyuh Digerebek

Pesta Sabu di Pinyuh Digerebek

  Rabu, 3 February 2016 09:22
Foto Wahyu Ismir/Pontianak Post

Berita Terkait

SUNGAI PINYUH- Unit Satuan Narkoba Polres Mempawah menggerebek sebuah rumah di Jalan Pancasila Kecamatan Sungai Pinyuh yang diduga menjadi tempat pesta sabu, Senin (1/2) sekitar pukul 16. 30 WIB. Dari penggerebekan itu, polisi mengamankan empat orang dan sejumlah barang bukti kepemilikan narkotika.

Kapolres Mempawah, AKBP Suharjimantoro, S.Ik melalui Kasat Narkoba, AKP Suparjo membenarkan keberhasilan timnya mengamankan sejumlah pelaku dan barang bukti dari salah satu rumah di wilayah Sungai Pinyuh.Keempat pelaku yang diamankan petugas dalam operasi penggerebekan itu yakni, Lie Chi Mio alias Acun, 30 warga Jalan Pancasila Sungai Pinyuh, Edy Kurniadi, 43, Tjue Mio Fa alias Afa, 25  serta seorang remaja putri, Um, 19.

Keempatnya tertangkap tangan sedang melakukan pesta sabu.Selain mengamankan pelaku, petugas juga berhasil mendapatkan barang bukti kepemilikan sabu berupa enam paket narkotika jenis sabu, tiga buah timbangan, empat buah headphone, satu kantong kantong klip plastik dan satu buah bong yang diduga digunakan para pelaku untuk mengkonsumsi barang haram itu.Dari keempat pelaku yang diamankan, satu diantaranya sebagai penjual yakni Acun. Diduga dari tangan si Acun lah sabu ini didapat dan dikonsumsi secara bersama-sama oleh keempat pelaku yang sedang berpesta shabu.

“Penggerebekan pesta shabu ini bermula dari laporan masyarakat yang mencurigai gerak-gerik sekelompok orang disebuah rumah di Jalan Pancasila Sungai Pinyuh. Berbekal informasi itu, saya perintahkan tim untuk melakukan penyelidikan dilapangan,” terang Suparjo.Hasilnya, lanjut Suparjo, timnya menduga didalam rumah tersebut sedang berlangsung pesta shabu. Pihaknya pun menyusun strategis dan rencana untuk melakukan penggerebekan untuk meringkus para pelakunya.

“Penggerebekan berjalan lancar tanpa ada perlawanan atau upaya melarikan diri dari para pelaku. Bahkan, pelaku sendiri tidak dapat mengelak dan tertangkap tangan sedang berpesta shabu didalam rumah itu. Keempatnya beserta barang bukti langsung diamankan untuk diproses hukum lebih lanjut,” ujarnya.Atas perbuatannya, imbuh Kasat, para pelaku dijerat dengan pasal 112 dan 114 Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Untuk pemakai terancam sanksi pidana penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun. Sedangkan penjual ancamannya lebih berat yakni penjara paling sebentar lima tahun dan paling lama 20 tahun,” ungkapnya.Sementara itu, Kapolres Mempawah, AKBP Suharjimantoro, S.Ik memberikan apresiasi atas kinerja Satuan Narkoba yang berhasil meringkus para pelaku penyalahgunaan narkotika dilingkungan masyarakat.

“Selamat kepada Unit Narkoba yang berhasil mengungkapkan dua kasus narkotika dalam kurun waktu satu bulan ini. Prestasi ini sebagai wujud komitmen kepolisian dalam upaya memberantas jaringan peredaran gelap narkoba yang semakin meresahkan masyarakat. Tingkatkan kinerja satuan, agar tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban barang haram itu,” tegas Kapolres.(wah)

Berita Terkait