Pesta Sabu 8 Orang Digerebek

Pesta Sabu 8 Orang Digerebek

  Sabtu, 14 May 2016 14:39

Berita Terkait

KETAPANG - Delapan tersangka pengedar dan pengguna narkoba jenis sabu ditangkap oleh jajaran Polsek Nanga Tayap. Kedelapannya ditangkap di saat berpesta sabu di salah satu rumah di Jalan Provinsi Alas Kusuma Blok D Dusun Sumber Jaya Desa Lembah Hijau Kecamatan Nanga Tayap pada Kamis (12/5) sore. Selain mengamankan tersangka, polisi juga mendapati 11 gram sabu dan dua buah ekstasi bewarna pink.
Kapolres Ketapang, AKBP Hady Poerwanto, mengatakan, delapan tersangka yang ditangkap di antaranya Sumarno (31), Fendi Hermansyah (26), Feri Gunawan (28), Khairul Umam (21), Fahrizal Haris (18), Ivand Lasahido (31), Gunawan (22), serta seorang wanita bernama Tris Juniarti (28).
Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu kurang lebih 11 gram dan dua buah ekstasi bewarna pink, dua unit timbangan elektronik, uang tunai Rp2.250.000, alat hisap sabu dari kaca dua buah, plastik klip 11 bundel, alat sedot cairan dari kaca satu kotak, senapang angin sau unit, satu butir peluru kaliber 5,6mm, dua buah samurai, 10 unit handphone serta dua buah silet.
"Keberhasilan penangkapan para pengguna narkoba dan penyimpan narkoba berawal dari informasi dan laporan dari masyarakat sekitar lokasi mengenai dugaan sebuah rumah yang dijadikan lokasi pesta sabu," kata Hady, kemarin (13/5).
Ia menambahak, dari informasi tersebut, enak orang anggota Polsek Nanga Tayap melakukan penyelidikan ke lokasi. Saat diperiksa kedalam rumah ternyata terdapat tiga orang yakni, Feri, Ivan dan Tris. Mereka berada di kamar bagian depan rumah. Sedangkan tersangka lainnya yakni, Fendi, Aris, Gunawan dan Khairul sedang didalam kamar belakang.
Polisi langsung menggeledahan para tersangka. Dari tangan Feri, polisi mendapati sabu seberat 10,32 gram. "Sabunya disimpan di dalam plastik klip di dalam kaleng permen yang disimpan di bawah jendala samping belakang rumah Mujianto dan sabu seberat 0,68 gram milik tersangka Marno. Jadi, total barang bukti berupa sabunya sekitar 11 gram," jelas Hady.
Dari pengakuan Feri, ia mendapatkan sabu tersebut dari tersangka Tris yang merupakan seorang kurir. Sementara Tris mengaku mendapatkan barang tersebut dari salah satu warga Tanjung Raya 2 Kecamatan Pontianak Timur. Sedangkan, dari pengakuan tersangka Marno kalau dirinya mempereolah Sabu tersebut dari salah seorang warga di Kelurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan Ketapang.
"Ketujuh tersangka saat dimintai keterangan mengaku sedang mengkonsumsi sabu, terkecuali tersangka bernama Khairul yang mengaku tidak menggunakan sabu saat itu, tetapi akan kita lakukan tes urin untuk memastikannya," tegasnya.
Saat ini, pihaknya terus memeriksa dan melakukan pengembangan terhadap para tersangka. Akibat perbuatannya para tersangka dijerat pasal 112 dan pasal 127 Undang-Undang RI Nomor 35 Ragyb 2009 tentang narkotika. (afi)

Berita Terkait