Pesona Terpendam Bumi Sebalo

Pesona Terpendam Bumi Sebalo

  Minggu, 28 Agustus 2016 10:21
JALUR RIAM

Berita Terkait

Oleh: HARYADI-Bengkayang

ADA sekitar 144 destinasi wisata terpendam di Bengkayang. Delapan di antaranya, sudah dikelola pemerintah setempat. Sementara empat lainnya, sudah dijadikan wisata unggulan di Bumi Sebalo. Salah satunya, Riam Pangar. Ada apa di sana?

Salah satu lokasi wisata yang beberapa tahun ini mulai santer diperbincangkan banyak orang dan dikunjungi adalah Riam Pangar. Riam tersebut terletak di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas. Untuk mencapai ke lokasi riam, jarak tempuhnya dari Kota Kabupaten Bengkayang sekitar 62 kilometer. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bila dari ibukota Kalbar, Pontianak, berkendara menggunakan sepeda motor atau mobil sekitar 5 jam perjalanan. 

Letaknya yang berada di tengah hutan menjadikan tempat ini masih sangat alami dan terjaga kondisinya. Riam Pangar merupakan tempat yang sangat tepat didatangi. Bila ingin mencari tempat yang hijau dan tenang untuk melepas kejenuhan sejenak . Mengasingkan diri dari hingar bingar rutinitas kerja atau sekadar memanjakan mata menikmati keindahan bentangan alam.

Selain menawarkan landscape alam yang menakjubkan, gemericik air riam yang jatuh terhempas ke bumi membuat siapapun yang datang dan melihatnya pasti  ingin turun memanjakan diri dengan bermain air di lokasi ini. Pengunjung juga bisa mencoba wahana permainan yang dapat memacu adrenalin, seperti arung jeram dan permainan air lainnya. Di lokasi riam juga sudah disediakan fasilitas seperti kamar ganti dan toilet serta camping ground bagi pengunjung yang ingin menginap di alam terbuka pada area riam.

Kedepannya, kelompak masyarakat yang turut mengelola kawasan wisata ini, berencana bakal  menambah wahana permainan wisata lagi. nantinya lokasi ini akan mencoba menambah permainan flying fox agar wisatawan lebih betah berlama-lama saat berkunjung. Sehingga siapapun yang datang mengunjungi Riam Pangar bakal merasakan sensasi berbeda dan tidak akan mudah terlupakan. (*)

Berita Terkait