Pesimistis Tuntas 30 September

Pesimistis Tuntas 30 September

  Rabu, 14 September 2016 09:46
ANTREAN: Warga saat antrean perekaman pembuatan e-KTP di kantor Disdukcapil Kapuas Hulu. Kabid Adminduk Khairil Anwar pesimistis perekaman akan tuntas 30 September mendatang.

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Pemerintah melalui kementerian terkait telah menetapkan batas akhir perekaman kartu penduduk elektronik (e-KTP). Namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu belum yakin perekaman tersebut bisa tuntas sampai 30 September mendatang. Apalagi saat ini blangko KTP masih jauh kurang dari kebutuhan yang semestinya tersedia.

Menurut Khairil Anwar, kepala Bidang Administrasi Kependudukan (Adminduk) Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu, keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), perlu dikaji ulang. Selain masih banyak penduduk yang belum direkam, kesiapan pemerintah, diakui dia, juga masih terbatas. Terutama, terkait blangko perekaman yang masih kurang, dia sangat pesimistis, perekaman bisa tuntas akhir bulan ini.

Khairil menyebutkan, alasan tak tercapainya penyelesaian perekaman e-KTP karena di sejumlah kecamatan terkendala dengan listrik. Bahkan, diungkapkan dia juga, ada beberapa kecamatan yang listriknya hanya hidup malam hari saja. Kendala lainnya, disebutkan dia, masih ada masyarakat yang sering tidak berada di tempat, karena aktivitas berladang dan aktivitas lainnya. “Banyak kendala yang menyebabkan perekaman belum bisa tuntas,” bebernya.

Dia mengaku, sampai saat ini proses perekaman di Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu masih berjalan seperti biasa. Karena blangko kurang, pihaknya hanya mengeluarkan blangko e-KTP bagi warga yang melakukan perekaman saat itu juga. Apalagi, dia menambahkan, mengingat stok blangko yang ada di mereka juga mulai menipis. “Saat ini kami belum bisa mengeluarkan KTP karena gangguan jaringan dalam beberapa hari terakhir ini,” papar dia.

Hingga Kamis (8/9), terang Khairil lagi, blangko e-KTP tersisa 60 keping. Mengatasi kekurangan blangko tersebut, kemarin (13/9) mereka telah berencana mengambilnya ke Jakarta.

Sampai saat ini, dikatakan dia, tercatat jumlah penduduk Kapuas Hulu sebanyak 235.709 jiwa. Disebutkan dia, penduduk yang wajib e-KTP berjumlah 169.469 jiwa atau 71, 90 persen. Sedangkan, yang sudah melakukan perekaman, menurut dia, 144. 490 jiwa atau 85,26 persen.

“Yang belum melakukan perekaman berjumlah 24.979 Jiwa atau 14,74 persen,” kata Khairil. Dia mengakui bahwa pihaknya akan memaksimalkan waktu untuk menambah jumlah perekaman. Bahkan, dia menambahkan, jauh hari sebelumnya, sudah dihimbau di seluruh kecamatan, agar meningkatkan pelayanan perekaman e-KTP. “Yang belum merekam dan sudah wajib KTP, mesti segera lakukan perekaman,” pintanya.(aan)

 

 

Berita Terkait