Pesantren Ramadan Mualaf dan Duafa

Pesantren Ramadan Mualaf dan Duafa

  Selasa, 28 June 2016 10:07
FOTO BERSAMA: Para Mualaf dan Duafa. PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Kegiatan pesantren ramadahan khusus mualaf dan kaum duafa ini merupakan gagasan Tabung Infaq Harian Mujahidin Pontianak, Lembaga Sosial dan Keumatan dibawah naungan Yayasan Mujahidin Kalimantan Barat. Pesantren ramadhan mualaf dan dhuafa untuk kali ketiga ini dilakukan Minggu (26/6) kemarin, di Masjid Raya Mujahidin Pontianak Jalan A Yani.

Sekitar 50 mualaf dan beberapa duafa memadati ruang menara Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Mereka terlihat sangat khusyuk mengikuti setiap kegiatan pesantren ini.

Manager Operasional Tabungan Infaq Harian Mujahidin Sarwono S.Kom membeberkan, pesantren ramadhan khusus ualaf dan duafa tahun ini merupakan kali ketiga diadakan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Tujuannya untuk membina dan membimbing mualaf yang terbilang baru memeluk agama Islam untuk lebih memperdalam kepercayaannya.

Lanjut dia, tahun ini berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Karena meski pesantren ini dibuka untuk mualaf seluruh kota Pontianak, pihaknya lebih fokus kepada mualaf yang masuk agama Islam di Masjid Raya Mujahidin Pontianak. “Ini tahun ketiga diadakan, tahun ini kami lebih fokus pada mualaf yang sah menganut agama Islam di Masjid Raya Mujahidin Pontianak ini, tapi jika ada mualaf dari luar yang inging ikut pesantren ini kami juga memperbolehkannya,” ucapnya.

Disebutkan Sarwono, setidaknya ada 120 orang yang menjadi mualaf di Masjid Raya Mujahidin Pontianak dalam rentan waktu dua tahun terakhir. Hanya saja dia mengatakan, pihaknya mendapatkan kendala untuk kembali menghubungi seluruh mualaf tersebut. “50 orang ini adalah hanya segelintir, mualaf lainnya banyak yang sudah mengganti nomor ponselnya dan ada yang sudah pindah keluar kota. Itu yang menjadi kendala kami untuk mengumpulkannya disini,” terangnya.

Dalam pesantren ramadhan khusus mualaf dan duafa kemarin, mualaf dan duafa mendapatkan ilmu pemahaman keislaman dan mendapatkan paket ramadhan dari Masjid Raya Mujahidin Pontianak berupa uang dan Alquran serta terjemahannya.

Joni Abdul Jabar (41), adalah salah satu mualaf yang menghadiri pesantren ramadhan khusus mualaf dan duafa di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu (26/6) lalu bersyukur telah diundang dalam kegiatan seperti ini. “Alhamdulillah kegiatan ini sangat membantu kemi menapaki hidup dalam jalur Islam, maklum lah kami masih seumur jagung menjadi mualaf. Kami masih butuh bimbingan agar dapay menjalankan syariat Islam dengan baik dan benar,” ungkap pria yang baru dua tahun memeluk agama Islam ini.

Joni mengatakan terimakasih kepada Yayasan Mujahidin yang sudah mengadakan pesantren ini dan berharap pesantren ini dapat terus berlangsung meski bulan ramadhan usai nanti. “Terimakasih kepada Yayasan Mujahidin yang sudah memberikan wadah seperti ini untuk kami yang masih banyak kekurangan dalam ilmu keagamaan. Semoga pesantren ini dapat terus berlangsung nantinya meski bulan ramadhan sudah berakhir, karena kami sangat membutuhkan wadah seperti ini demi memperdalam keagamaan kami,” kata Bun Khiang, namanya sebelum memeluk agama Islam.

Sarwono menambahkan, kegiatan hari ini (kemarin) adalah awal dari pembinaan yang diberikan pada mualaf, dikatakannya, kedepan pihaknya akan menggelar kegiatan serupa secara rutin untuk memberikan ilmu keagamaan yang lebih mendalam kepada kaum mualaf. (c13)

Berita Terkait