Pesan Ketua PP Muhammadiyah: Musywil Musti Beretika

Pesan Ketua PP Muhammadiyah: Musywil Musti Beretika

  Sabtu, 19 December 2015 15:37
AGUS SULAIMAN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK--Ketua Umum PP Muhammadiyah, Drs. H. Dahlan Rais menegaskan forum Musywil musti berjalan demokratis, beretika dan produktif. “Demokrasi itu asasnya musyawarah dan ada pembatasan kekuasaan. Beretika itu mesti memegang teguh prinsip-prinsip akhlak,” katanya saat membuka Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-14 Muhammadiyah dan Musywil ke10 Aisyiah Kalimantan Barat, Sabtu (19/12).

Adik Amin Rais tersebut menceritakan bahwa dalam Muhammadiyah tidak ada kader yang mencalonkan diri. “Tapi kader dicalonkan, oleh karena itu dalam Muktamar atau Musywil Muhammadiyah tidak ada kasak-kusuk, kampanye, lempar kursi dan lain-lain, peserta hanya berkonsentrasi kepada materi-materi Musywil,” paparnya.

Musywil sambung Dahlan Rais mesti dijadikan media konsolidasi organisasi. “Mumpung satu provinsi ketemu disini, maka harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk konsolidsasi karena momentum ini tidak gampang,” kata pria kelahiran Solo ini. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang akan dipilih jelas Dahlan Rais, memiliki tugas utama meningkatkan kualitas. “Saya lihat Pengurus PWM pimpinan saudara Ahmad Jaiz telah berhasil meningkatkan kualitas tersebut. Gedung pusat dakwah yang baru saja diresmikan menurut saya termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Jujur saya hampir tidak percaya Muhammadiyah Kalbar bisa membangun gedung semegah itu, oleh karena itu saya ucapkan selamat,” ucap Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut.

Sementara Ketua PW Muhammadiyah Kalbar, Ahmad Jaiz, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, tema Musywil Gerakan Pencerahan menuju Kalimantan Barat berkemajuan dimaksudkan untuk meneguhkan visi keislaman Muhammadiyah yakni Islam Berkemajuan, melalui strategi perjuangan yakni dakwah pencerahan bagi terwujudnya visi kebangsaan yaitu Kalimantan Barat berkemajuan.**

Berita Terkait