Pesaing Banyak, Konsisten Utamakan Kualitas

Pesaing Banyak, Konsisten Utamakan Kualitas

  Kamis, 10 December 2015 09:04
SEWA TENDA : Seorang karyawan Tenda Cemerlang sedang memperlihatkan jenis tenda dan dekorasi yang biasa disewa. Usaha tenda masih cukup menjanjikan di Kota Pontianak. MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Siapa yang tak kenal dengan Tenda Cemerlang. Begitu namanya sudah disebut sebagian besar masyarakat sudah tahun, jika perusahaan milik Sunaryo ini menyewakan berbagai jenis tenda beserta kelengkapannya.

Tapi tahukan Anda jika usaha ini sudah berdiri sejak tahun 1997 ini merupakan generasi pertama usaha penyewaan tenda.  Sunaryo yang kala itu sebagai pegawai di PT. Pelindo memilih berhenti kerja dan membuka usaha ini, di tahun 1995. Sunaryo meninggalkan pekerjaan yang sudah dilakoninya selama 13 tahun. Baginya dengan membuka usaha, maka tidak ada batasan. Berbeda ketika dia masih menjadi pegawai di Pelindo.

Kala itu, dia tidak langsung fokus ke penyewaan tenda. Justru dia menjadi developer dan bimbel. Dan namanya adalah, Cemerlang. Sedangkan penyewaan tendanya bernama Kiki Colection. “Karena plang besarnya itu Cemerlang, jadi nama itu yang lebih dikenal masyarakat. Perlahan-lahan namanya pun berganti Cemerlang. Dan ini di awal tahun 1997,” kata dia.

Seiring berjalannya waktu, nama Cemerlang pun semakin dikenal. Agar bisa fokus, Sunaryo menutup dua usahanya yang lain, termasuk kursus dan pengaplingan tanah.Alhasilnya, yang awal hanya empat gawang tenda dengan ukuran 6 x 6. Sekarang semakin lengkap. Dari aneka tenda, rigging, stage, meja, kursi, AC, genset, flooring sound, lighting dan lain-lain.

Sunaryo menilai usaha yang dilakoni tak ada batasan hasil. Wajar saja, kebutuhan masyarakat akan tetap terus meningkat. Dari awal, dia hanya menawarkan penyewaan untuk pernikahan dan sunatan. Justru di luar perkiraannya. Pelanggannya datang dari berbagai keperluan. Dari arisan, pengajian, acara kematian hingga acara resmi bahkan event-event besar.  “Prediksinya pemakaian ini untuk pernikahan dan perkawinan, pasti 50 persen masyarakat di Kota Pontianak pakai tenda. Kenyataannya ada di banyak segmen,” jelas dia.

Tak banyak usaha serupa di generasi Sunaryo yang masih bertahan. Salah satunya Tenda Cemerlang yang beralamat di Jalan K.H Achmad Dahlan. Namun dia mengakui jika usaha serupa terus tumbuh. Ini karena prospek dan keuntungannya sangat menjanjikan.  Hanya dengan menjamurnya usaha serupa, maka persaingan pun semakin ketat. Tidak menutup kemungkinan persaingan harga pun terjadi. Tetap ada pelaku usaha yang bermain harga agar konsumennya tetap bertahan.

Tapi tidak bagi Sunaryo. Justru dia menilai agar konsumen tetap bertahan, maka pelaku usaha harus menjaga kualitas serta pelayanannya kepada konsumen. Dia memastikan jika konsisten maka usaha yang sama akan terus tumbuh. “Kami tetap stabil dan menjaga kualitas. Orang yang menjatuhkan harga itu juga akan kesulitan nantinya untuk memberikan pelayanan. Jika dia menurunkan harga, maka akan ada yang dikurangi. Pastilah itu pada pelayanannya,” jelasnya.

 

Berita Terkait