Perusahaan Wajib Sediakan Lahan Magang

Perusahaan Wajib Sediakan Lahan Magang

  Sabtu, 17 September 2016 09:55

Berita Terkait

PONTIANAK – Salah satu persoalan dalam ketenagakerjaan di Kalimantan Barat adalah kurangnya skil dari sumber daya manusia yang tersedia. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pontianak, Andreas Acui Simanjaya mengatakan hal ini turut membuat daya saing Kalbar rendah dibanding provinsi lainnya. Menurutnya, penting sekali, adanya peningkatan skil SDM di Kalbar sejak usia sekolah dan mahasiswa.

Dia pun menyoroti program magang yang diadakan SMK dan perguruan tinggi di perusahaan-perusahaan. Menurutnya konsep magang tersebut bagus apabila dilakukan dengan benar. “Magang adalah ajang untuk mengaplikasikan teori yang didapat dalam masa studi, sekaligus memberikan pengalaman dan gambaran akan dunia kerja yang akan mereka hadapi,” ujarnya kepada Pontianak Post, kemarin.

Sebab itu, kata dia, perusahaan wajib menerima para siswa atau mahasiswa magang dan memperlakukan mereka dengan baik. “Perusahaan harus menerima orang yang mau magang. Tetapi jangan hanya asal terima, tetapi beri mereka penglamanan agar kemampuan mereka terasah. Jangan hanya dibiarkan bengong saja, lalu diberi nilai bagus,” kata dia.

Perusahaan pun akan memperoleh manfaat, seperti kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia perusahaan sehingga perusahaan tersebut dikenal oleh kalangan akademis.

Perusahaan juga akan mendapat bantuan tenaga dari mahasiswa- mahasiswa yan melakukan praktek, dan keuntungan lainnya.

Acui juga menyoroti orientasi masyarakat Kalbar yang cenderung memaksakan anak-anaknya untuk ke sekolah umum ketimbang ke SMK. Menurutnya, dalam program belajar-mengajarnya SMK lebih mementingkan skil dan kemampuan, ketimbang teori.

“Hal ini lah yang dibutuhkan oleh dunia kerja sekarang ini. Tetapi di Kalbar orang cenderung untuk memaksakan anaknya ke SMA,” ujarnya. Menurut dia, ke depan dunia kerja akan menuntut lebih. Dia menilai perusahaan akan memilih orang yang memiliki kemampuan dan skil ketimbang hasil akademis yang bagus. (ars)

Berita Terkait