Perumahan Baru Marak, Order Meningkat

Perumahan Baru Marak, Order Meningkat

  Jumat, 25 December 2015 09:08

Berita Terkait

PONTIANAK - Bengkel teralis sedang naik daun. Berbagai orderan masuk dari konsumen. Apakah hanya sekedar perbaikan atau pembuatan baru. Jendela, pintu, pagar, folding gate, tangga, ayunan dan segala hal yang berkaitan dengan las besi.

Abidin, salah seorang perajin teralis menyebutkan harga yang ditawarkan beragam. Harga itu ditentukan, ukuran dan jenis besi yang digunakan. Semakin tebal dan bagus bahan, maka harga semakin mahal. Tingkat kemahalan juga ditentukan tingkat kerumitan pembuatan orderan. Hanya saja, saat ini motif minimalis yang sedang naik daun. Simple dan tidak ribet sehingga banyak orang memilih motif ini.

Abidin sudah lima tahun menjalani bisnis ini. Prospek yang bagus menjadi salah satu alasan bengkel teralis miliknya terus berkembang. Orderan yang masuk akan semakin meningkat menjelang perayaan hari besar. Apakah itu natal atau lebaran. Menurut Abidin, bahan untuk pembuatan teralis ini didatangkan dari luar Kalbar. Hanya saja, para pelaku usaha ini tidak mengambil langsung dari sana. Justru melalui toko-toko besi yang ada di Kalbar.

Lain halnya dengan perajin teralis lainnya, Agus. Menurutnya, dengan meningkatnya industri perumahan, perajin teralis ikut merasakan dampaknya. Seperti meningkatnya orderan yang masuk lantaran pemukiman pendudukan kian tumbuh. Misalnya orderan untuk pembuatan teralis jendela, pintu dan pagar. Biasanya pemesan adalah kalangan pemilik rumah di kawasan perumahan sederhana, maupun perkomplekan. “Pagar minimalis cocok dipasang di rumah-rumah yang halamannya tidak terlalu luas,” kata dia.

Bukan hanya menerima pesanan pembuatan pagar untuk rumah, perajin teralis juga menerima pesanan pembuatan pagar untuk toko, ruko, termasuk juga perkantoran. (mse)

Berita Terkait