Pertanian, Tidak Menambah Tenaga Penyuluh

Pertanian, Tidak Menambah Tenaga Penyuluh

  Sabtu, 13 February 2016 08:54
Anggraito

Berita Terkait

PEMERINTAH tak menambah tenaga penyuluh pertanian pada tahun ini walaupun Kalbar kekurangan tenaga tersebut. Upaya untuk mengatasi kekurangan itu yakni dengan memberdayakan mahasiswa.

“Kami juga mendapat bantuan dari babinsa,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar Anggraito.Anggraito mengatakan tenaga penyuluh pegawai negeri di Kalbar sebanyak 739 orang. Ditambah tenaga kontrak sebanyak 380 orang. Seluruh tenaga penyuluh tersebut harus melayani sedikitnya 1.900 desa di Kalbar.“Kalbar kekurangan seribu penyuluh. Tetapi tak ada tambahan pada tahun ini. Kami berharap sebagian tenaga kontrak diangkat (menjadi pegawai negeri) tahun ini,” ungkap Anggraito.

Menurut Anggaraito, penyuluh pertanian wajib memberikan bimbingan kepada semua kelompok tani dengan keterbatasannya. Pemerintah juga berupaya membantu penyuluh berupa sarana dan prasarana dengan menggunakan dana alokasi khusus. Tetapi harus ada pengajuan dari kabupaten.“Nantinya dihitung berapa kebutuhannya. Pengadaannya menggunakan DAK,” kata Anggraito.

Anggraito menambahkan pada tahun ini Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar tetap melaksanakan program diversifikasi pangan. Masyarakat diajak untuk mengurangi konsumsi beras.Program pengurangan konsumsi beras pada sarapan pagi ini dimulai tahun ini. Masyarakat harus bisa memanfaatkan pangan lokal untuk mendapatkan gizi seimbang. Jika program ini berhasil dilaksanakan, Kalbar bisa mengurangi konsumsi beras sebanyak 36 gram perkapita perhari.

“Artinya, surplus beras bisa meningkat dan konsumsi pangan lokal makin baik. Konsumsi beragam pangan lebih baik,” kata Anggraito.Anggraito mengungkapkan pihaknya berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan berkenaan dengan prinsip kemandirian pangan.“Kemandirian pangan itu memiliki dua kata kunci, yakni apa yang dimakan dan makanlah apa yang mampu diproduksi,” ungkapnya. (uni)

Berita Terkait