Pertandingan Olahraga Hibur Warga Perbatasan

Pertandingan Olahraga Hibur Warga Perbatasan

  Senin, 12 September 2016 21:53

Berita Terkait

KAPUAS HULU-Disela kesibukan menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia, Yonif 312 Kalah Hitam, tetap menyempatkan diri berbaur dengan warga Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. Hari jadi Batalyon Infantri 312/KH akhir Agustus lalu jadi momentum lebih dekat dengan masyarakat perbatasan. Salah satunya dengan menyelenggarakan pertandingan olahraga.

Letnan Kolonel Inf Yusuf Rizal mengatakan, di hari jadi Yonif 312/KH, dia berusaha melestraikan tradisi dan nilai-nilai budaya satuan. Agar nilai budaya tumbuh pihaknya melibatkan  warga berpartisipasi beberapa kegiatan pertandingan olahraga, diantaranya turnamen futsal dan bola voli.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini saya harap dapat menumbuhkan semangat kekeluargaan antara Satgas dan warga perbatasan sehingga tercipta kondisi riil di lapangan tanpa adanya perselisihan, memberikan wawasan terhadap masyarakat perbatasan tentang pentingnya nilai-nilai luhur budaya bangsa,” ucapnya Senin malam.

Dalam kegiatan ini, ia tak menyangka animo warga untuk berpartisipasi tinggi. Dipaparkan dia, sebanyak 48 Tim Futsal, 15 Tim Voli Putra dan 15 Tim Voli Putri ikut berkompetisi. Pesertanya datang dari berbagai belahan perbatasan diantaranya dari Kecamatan Batang Lupar, Badau dan Kecamatan Puring Kencana, Kapuas Hulu. “Pelaksanaan ini dimulai 25 Agustus 2016 dan berakhir 10 September 2016,” ucapnya.

Ia mengapresiasi semangat tim saat pertandingan berlangsung. Saat cuaca terik dengan sinar matahari atau diguyur hujan sekalipun penonton tetap ramai. “Itu karena selama ini masyarakat di sana haus hiburan, makanya adanya pertandingan ini mereka berantusias,” terangnya.

Selain pertandingan olahraga, penutupan Minggu kemarin, di lapangan Badau juga diselenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya Tarian dari Siswa/Siswi SDN 01 dan SDN 08 Kec. Badau, Demonstrasi PBB/ Yel yel dari Siswa/siswi SMPN Badau, Tarian adat Dayak dari Masyarakat Badau serta Demonstrasi Bela Diri Young Modo dari anggota Satgas Yonif 312/KH. “Saya apresiasi warga setempat yang ikut berperan aktif dalam kegiatan ini, sehingga acara sangat meriah dan berarti,” terannya. 

Camat Badau, Ahmad Salahudin mengungkapkan rasa terima kasih secara penuh kepada Satgas Yonif 312/KH yang telah dapat memberikan hiburan, sarana olahraga kepada masyarakat perbatasan. Harapan besar kerjasama ini agar tetap terpelihara sehingga dapat memberikan dampak yang positif dalam melaksanakan tugas di perbatasan.(iza)

 

Berita Terkait