Pertamina Janji Wujudkan Mimpi Rio Membalap di F1

Pertamina Janji Wujudkan Mimpi Rio Membalap di F1

  Senin, 15 February 2016 09:59
Speedcreed

MASA depan Rio Haryanto untuk ambil bagian di ajang balap Formula 1 akan ditentukan pekan ini. Kekurangan down payment (DP) yang harus dibayarkan manajemen Rio akan segera diselesaikan Pertamina. Dengan demikian membuat posisi Rio semakin kuat untuk segera bergabung dengan Manor Racing.

Sebelumnya, PT Kiky Sports selaku manajemen yang menaungi Rio telah membayarkan sekitar EUR 3 juta (sekitar Rp 45,6 miliar) kepada Manor. Sedangkan DP yang harus diselesaikan Rio yakni EUR 7,5 juta. Kekurangan EUR 2,5 juta akan lunas jika Pertamina mencarikan dana EUR 5 juta yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Wianda Pusponegoro selaku Vice President for Corporate Communication PT. Pertamina (Persero) meminta manajemen Rio untuk tetap tenang. Sebab, komitmen yang dijanjikan mereka sebelumnya bukanlah isapan jempol belaka. ”Intinya kami akan menyelesaikan apa yang kami janjikan sebelumnya,” katanya kepada Jawa Pos.

Prosedur selanjutnya yakni pihak Pertamina akan segera mengecek berkas administrasi terkait pembayaran PT Kiky Sports kepada Manor. ”Besok Senin (hari ini, Red) akan kami coba selesaikan administrasinya, setelah rampung, kami tidak akan menunda lagi mencairkan dana sponsor buat Rio,” terangnya.

Sebab, Pertamina sejak awal memang tidak bisa mencairkan dana EUR 5 juta sebelum ada pihak lain atau manajemen Rio yang mengawali mencicil biaya balap kepada Manor. Wianda mengatakan bahwa dirinya semakin optimistis kalau pembalap asal Solo itu akan tampil di F1 bersama Manor. Itu setelah pertemuan Pertamina dengan Managing Director Team Manor, Abdulla Boulsien pekan lalu.

”Boulsien sebelumnya mengatakan bahwa Rio sudah on board di tim Manor,” bebernya. Sebelumnya, pihak Manor dan manajemen Rio memberikan tenggat waktu hingga Selasa besok untuk memutuskan apakah Rio bisa tampil bersama tim asal Inggris itu.

Dengan komitmen Pertamina tersebut, setidaknya satu kaki Rio sudah berada di Circuit de Catalunya, Barcelona, Spanyol dimana uji coba pra musim perdana bakal digelar 22 Februari nanti. Hanya saat ini Pertamina dituntut untuk segera melakukan aksi sigap demi mempercepat keputusan tersebut. Karena bagi pembalap 22 tahun itu ketidakpastian dukungan dana dari sponsor sudah berlarut.

Saat ini, Rio dan ibundanya, Indah Pennywati tengah berada di Singapura. Saat dikonfirmasi, Indah yang juga manajer marketin PT. Kiky Sports mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa memastikan status Rio. Meski terkesan menyembunyikan berita bahagia buat masyarakat Indonesia, sikap Indah memang terlihat professional.

”Pada prinsipnya kami menunggu pengumuman resmi dari pihak Manor dulu,” sebutnya. Saat disinggung apakah Rio bisa dipastikan akan tampil bersama Manor, Indah hanya bisa tersenyum.

”Kalau Pertamina segera bayar sisa DP yang kami butuhkan, semoga ada kabar baik setelahnya,” lanjutnya.

Jika Rio akhirnya bergabung dengan Manor, maka dia tidak hanya mewakili marwah masyarakat Indonesia, terlebih lagi bangsa Asia. Sebab, sejak penampilan Kamui Kobayashi pada 2014 lalu belum ada lagi pembalap dari Asia yang tampil di balapan bergengsi tersebut. (nap/jpg)