Persaingan Dua Ganda Pelapis

Persaingan Dua Ganda Pelapis

  Rabu, 6 April 2016 09:03

Berita Terkait

JAKARTA – Malaysia Open Superseries Premier (SSP) 2016 bakal menjadi pembuktian dua ganda putra pelapis Indonesia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi. Kedua pasangan ini punya kans yang sama besar untuk mendampingi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ajang Olimpiade 2016.

Keikutsertaan di Malaysia Open SSP kali ini akan cukup menentukan posisi mereka dalam peringkat kualifikasi menuju Olimpiade. Angga/Ricky yang tumbang dari Kevin/Gideon di India pekan lalu jelas butuh hasil positif dalam keikutsertaan mereka. Di peringkat dunia per Maret 2016, Angga/Ricky masih unggul di peringkat 10 dengan 58,914 poin, sedangkan Kevin/Gideon di ranking 17 dengan 46,130 poin.

Dengan tambahan hasil di India Superseries sebelumnya akan mengubah pola ranking yang ada. Dengan demikian pekerjaan berat akan menanti kedua pasangan ini di Malaysia. Apalagi, pasangan top ganda putra dunia juga akan ambil bagian. Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra Indonesia memberikan apresiasi buat anak didiknya.

Menurut dia, ajang Malaysia SSP minggu ini akan membuat perbedaan dalam perjuangan Kevin/Gideon ataupun Angga/Ricky. ”Yang paling utama mereka harus tetap bermain lebih efisien,” katanya kemarin (5/4).

Pelatih yang karib disapa Herry IP itu tengah berada di Malaysia untuk mendampingi empat pasangan ganda putra andalan pelatnas Cipayung. Satu pasangan muda lainnya Rian Agung Saputro/Berry Angriawan juga diharapkan bisa meramaikan persaingan.

”Waktu buat memperoleh poin untuk Olimpiade semakin dekat, mereka tidak boleh melepas begitu saja,” katanya. Sepanjang tahun ini, Kevin/Gideon memberikan kejutan dengan memenangkan dua event yakni Malaysia Masters dan India SS. Sedangkan Angga/Ricky belum bisa tampil maksimal dengan hanya menjadi runner up di Selandia Baru dan India SS.

Sementara itu, Rexy Mainaky mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan keleluasaan yang sama. “Kesempatan masih kami berikan kepada semua pebulu tangkis pelatnas yang mau bangkit menuju Olimpiade,” katanya. Bukti nyata terlihat di India SS lalu, Angga/Ricky ataupun Kevin/Gideon all out untuk mendapatkan prestasi terbaik.

Bagi dia, keberhasilan pebulu tangkis Indonesia di ajang selevel SSP akan memberikan motivasi buat mereka kedepannya. Disisi lain, Ahsan/Hendra yang keluar sebagai kampiun Malaysia SSP tahun lalu diharapkan tidak terpeleset lagi. Raihan 11.000 poin di ajang kali ini akan memantapkan posisi mereka di peringkat dunia. (nap)

Berita Terkait