Permudah Warga dengan Jemput Bola

Permudah Warga dengan Jemput Bola

  Kamis, 24 March 2016 19:25
SOSIALISASI KEPENDUDUKAN: Sosialisasi Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tahun 2016 di Gedung Serbaguna Lanjak, 18 Maret lalu. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Pembuatan Dokumen kian Dipermudah

LANJAK – Untuk mencapai target pembuatan akte kelahiran masyarakat, Pemerintah Kecamatan Batang Lupar melakukan sistem pelayanan jemput bola hingga ke tingkat desa. Langkah ini diambil mereka untuk menumbuhkan semangat masyarakat desa dalam  mengurus dokumen kependudukan.

Pelayanan sistem jemput bola tersebut diterapkan Camat Batang Lupar Gunawan. Dikatakannya, sistem pelayanan yang akan dibuat adalah mengusulkan pembuatan akte secara global, baik melalui kepala desa, maupun puskesmas. Dengan demikian, dia yakin masing-masing pihak bisa mengumpulkan data beserta syaratnya, untuk dijadikan satu. Kemudian, dia menambahkan, diusulkan pembuatannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu. Langkah tersebut, sambung Gunawan, untuk membantu masyarakat, agar dalam pembuatan aktenya tidak bolak-balik atau bisa juga langsung ke kabupaten untuk membuatnya.

“Jadi birokrasinya tidak berbelit-beli,” kata Gunawan.

Sebelumnya, jajaran unsur Muspika Batang Lupar bersama Kecamatan Embaloh Hulu menggelar Sosialisasi Administrasi Kependudukan tahun 2016. Kegiatan itu sendiri difasilitasi Disdukcapil.

“Jumat pekan lalu kami telah melaksanakan sosialisasi di Lanjak. Yang kami bahas bagaimana mengejar capaian pembuatan akte kelahiran bagi setiap penduduk agar terpenuhi sesuai dengan target nasional,” jelasnya. Di Kecamatan Batang Lupar sendiri, kata Gunawan, banyak masyarakat yang sudah memiliki akte lahir. Namun karena pembuatannya masih manual, maka, dikatakan dia, perlu diperbaharui. Sehingga, sambungnya, bisa ter-input secara online oleh sistem. “Agar sinkron, dalam memasukkan data manual ke sistem, sehingga bisa terbaca oleh pusat,” jelas dia.

Gunawan meminta partisipasi masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam pemenuhan dokumen administrasi kependudukan tersebut. Diingatkan dia bagaimana pentingnya administrasi kependudukan bagi masyarakat di dalam setiap urusan.

“Kami di Kecamatan Batang Lupar masih ada hambatan di dalam pembuatan akte kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya,” paparnya. Kondisi tersebut, diakui dia, dikarenakan rentang pelayanan yang masih sulit, terlebih di daerah batang lupar. Selain jarak tempuh dari desa ke desa jauh, juga, menurut dia, dikarenakan belum  didukung infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai. “Demikian juga dengan listrik masih terbatas,” pungkasnya.(aan)

 

 

Berita Terkait