Permudah Investasi

Permudah Investasi

  Rabu, 30 March 2016 10:02
Andreas

Berita Terkait

PELAKU usaha melihat kalau geliat ekonomi Sintang masih menjanjikan. Banyak sektor usaha dapat diinvestasikan. Namun pengusaha juga butuh penopang dari pemerintah untuk kemudahan berinvenstasi.

“Investor perlu dipermudah dengan pengurusan izin singkat,” kata Direktur My Home, Andreas, Selasa (29/3).

Menurut Andreas iklim usaha di Sintang sangat berpeluang maju. Kendati kini juga terdampak dengan merosot harga komiditi. Seiring harga karet dan sawit turun. Kemudian ditambah dengan harga minyak dunia anjlok. Tapi sektor ekonomi di Sintang diyakini tetap mampu  tumbuh. Lantaran potensi Sintang banyak yang bisa dijual selain sektor komoditi. Misal dengan memaksimalkan sektor wisata untuk digarap.

Sebagai pelaku usaha dibisnis jasa perhotelan, Andreas memandang infrastruktur tidak bisa dipandang sebelah mata. Terutama  listrik. Sokongan daya listrik dari pemerintah amat diperlukan, karena biaya tinggi harus dikeluarkan jika memakai genset.

Menurut Andreas peluang bisnis sepenuhnya dapat berjalan jika mendapat dukungan pemerintah. Begitu juga dengan pelaku usaha, selalu ingin bermitra dengan pemerintah guna memajukan pembangunan.

“Sektor pemerintah dan swasta memang harus sama-sama jalan. Swasta tidak bisa jalan kalau tanpa didukung pemerintah,” kata Andreas.

Ia pun menyatakan sepenuhnya siap mendukung program pemerintah, misal memajukan sektor pariwisata. Karena, dengan banyak kunjungan ke Sintang, berarti perputaran uang juga meningkat. Gerak ekonomi masyarakat menjadi berjalan. Program membangun Sintang, lanjut dia, swasta pasti mendukung.

Ia mengatakan, sinergi pemerintah dan swasta juga sebagai kesiapan dalam menghadapi persaingan masyarakat ekonomi ASEAN. Jangan sampai MEA justru menjadi bumerang karena ketidaksiapan menghadapinya.

Apalagi, lanjut Andreas, jasa perhotelan terus tumbuh di Sintang, dan sudah ada bintang dua seperti My Home, secara tidak langsung akan menunjukkan kepada pihak luar, kalau Sintang telah siap menyambut kedatangan orang asing. (stm)

Berita Terkait