Permata Bank Launching Tabungan Simpel

Permata Bank Launching Tabungan Simpel

  Senin, 14 December 2015 09:04

Berita Terkait

PONTIANAK - Permata Bank dan Permata Bank Syariah resmi meluncurkan produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel atau Simpel iB) di Kota Pontianak. Acara Grand Launching dikemas dengan berbagai kegiatan menarik di Taman Budaya Kalbar bersamaan Car Free Day (CFD), Minggu (13/12).

Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank Achmad K Permana menjelaskan, program ini melibatkan industri perbankan dalam pengembangannya. Hal ini dilakukan karena peluang meningkatkan inklusi keuangan khususnya kelompok pelajar masih sangat besar. Sebab itu diperlukan sebuah model produk keuangan dengan karakteristik dan fitur yang sesuai kebutuhan kelompok siswa.

Tabungan Simpel atau Simpel iB juga dikatakan salah satu upaya OJK dalam membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini. Setelah diluncurkan secara nasional dan di kota-kota lainnya di Indonesia, untuk Kota Pontianak, Permata Bank ditunjuk untuk me-launching.

Dari sekitar 38 juta jiwa total pelajar di seluruh Indonesia dikatakan tingkat penetrasi keuangan dan budaya menabungnya masih rendah. Untuk Kota Pontianak sendiri ditargetkan dalam satu bulan bisa menjaring 1000 pelajar untuk manabung melalui Simpel Permata Bank. "Kami juga telah bekerja sama dengan beberapa sekolah, sehinggga mereka bisa mulai gencar menjalakan budaya menabung sejak dini," terangnya.

Diketahui, Tabungan Simpel atau Simpel iB merupakan produk tabungan yang diarahkan dengan persyaratan mudah dan sederhana. Fiturnya menarik bagi para peserta didik mulai jenjang PAUD hingga SMA, yang diterbitkan secara nasional oleh perbankan di Indonesia. Tujuan program ini adalah agar para pelajar sebagai generasi penerus bangsa dapat menjadikan kegiatan menabung bukan hanya sebagai kewajiban melainkan kebutuhan atau gaya hidup.

Adapun keunikan dan keunggulan dari tabungan ini antara lain, nama siswa tercantum pada buku tabungan, setoran awalnya ringan, bebas biaya administrasi bulanan, minimum setoran terjangkau setiap kali menabung. Melalui program ini juga diharapkan bisa menjadi investasi perbankan secara nasional. Karena nasabah sudah mengenal perbankan sejak dini, loyalitas terhadap bank juga diperkirakan akan tumbuh dengan baik. "Dengan ini para pelajar juga bisa mengerti dunia finansial yang berguna untuk masa depan kelak," imbuhnya.

Peluncuran program ini sengaja diadakan berbarengan dengan kegiatan CFD agar bisa lebih banyak melibatkan masyarakat. Dimana ada ratusan pelajar yang hadir dalam kegiatan bertajuk Sekolahku Cinta dan Peduli Lingkungan itu. Acara dirangkai dengan berbagai kegiatan menarik, seperti jalan sehat, lomba mewarnai, kompetisi pencarian bakat dan lain-lain.  

Dimulai dengan jalan sehat bersama yang dilepas langsung oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji, turut hadir pula Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank Achmad K Permana, Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK Gunawan Idat, Kepala OJK Kalbar Asep Ruswandi, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Parbubu Lumban Tobing, Kepala BI Perwakilan Kalbar Dwi Suslamanto, Kepala Wilayah Region 8 Permata Bank Mariam Tjiu, Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Pontianak dan pejabat lainnya.

Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan sangat mengapresiasi dan berharap seluruh bank yang ada di Pontianak bisa menjalankan program ini. Apalagi banyak kemudahan yang didapat melalui Simpel ini, sehingga budaya menabung sejak dini bisa tumbuh secara positif.

Menurutnya sampai saat ini ada sekitar 50 ribu pelajar di Kota Pontianak, karena itu sangat potensial dalam pengembangan Tabugan Simpel ini. Jika semua pelajar dapat dikoordinir dengan baik untuk menabung, Edi yakin generasi muda di Pontianak akan menjadi tangguh dan dapat merasakan manfaatnya hingga dewasa kelak.

Pemkot Pontianak pun dikatakan terus berbenah dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas yang nyaman untuk anak-anak muda beraktifitas. Kualitas sekolah juga akan terus ditingkatkan, demi menciptakan lingkungan dan kota yang layak anak. "Semoga tarap hidup masyarakat bisa semakin membaik, saya berpesan agar semua bisa bersama-sama menjaga ketertiban dan kenyamanan kota," pungkasnya. (bar)

 

Berita Terkait