Perkuat Peranan Dasawisma

Perkuat Peranan Dasawisma

  Sabtu, 13 Agustus 2016 10:03
TUMPENGAN: Ketua PKK, Hj Erlina Ria Norsan memotong tumpeng Ultah PKK. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-44 tahun 2016 di Kabupaten Mempawah berlangsung semarak. Diikuti sekitar 350 peserta dari tim penggerak PKK kabupaten, kontingen PKK sembilan kecamatan, dan organisasi wanita se-Kabupaten Mempawah, peringatan di meriahkan dengan kegiatan lomba yang diikuti seluruh kader.

 
Mengangkat tema “Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK melalui Penguatan Dasawisma”, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mempawah Erlina Ria Norsan berharap peringatan HKG PKK tahun ini menjadi momentum bagi jajaran tim penggerak untuk secara berjenjang membuktikan kinerja dengan berupaya keras memperkuat peranan kelompok dasawisma yang merupakan ujung tombak gerakan PKK.

Membacakan sambutan tertulis Ketua Umum TP PKK pusat Erni Gundarti, Erlina  mengajak seluruh tim penggerak untuk membimbing, membina, dan memfasilitasi kader-kader PKK termasuk kader dasawisma. Menurutnya, di atas pundak kaderlah sesungguhnya kinerja gerakan PKK terletak.

“Para kader PKK dan kader dasawisma harus selalu bekerja dengan semangat relawan dan tanpa pamrih. Jangan pernah lelah untuk selalu menimba ilmu karena perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikan diri. Kembangkan terus jaringan kemitraan dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk kelangsungan program-program PKK,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Bupati, Gusti Ramlana mengapresiasi camat, lurah, dan kepala desa selaku ketua pembina tim pengerak PKK di wilayah masing-masing. Menurut dia, semua pihak tersebut punya andil besar dalam melaksanakan pelaksanaan program-program PKK.

Ramlana menyebut, peran keluarga sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan suatu bangsa. PKK sebagai sebuah gerakan, menurutnya, telah menggerakkan pembangunan masyarakat dari bawah, yakni mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, maju, dan mandiri.

“Hingga kini gerakan PKK mampu berperan sebagai motivator dan dinamisator masyarakat agar setiap keluarga di Indonesia dapat menjadi instrumen pembangunan yang andal,” nilainya.

Ramlana berpandangan, posisi PKK sebagai mitra pemerintah tidaklah berlebihan. Dari gerakan yang awalnya hanya berfokus pada lingkungan terbatas yakni pemenuhan pangan, kini PKK telah mampu mempunyai 10 program pokok yang sangat produktif.

“Setelah eksis selama 44 tahun, PKK kini mampu melahirkan ide-ide kreatif dan membangun antara lain melalui pemberdayaan masyarakat sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga di mana keluarga-keluarga khususnya di Kabupaten Mempawah menjadi lebih mampu, maju, dan mandiri,” pujinya mengakhiri.

Acara peringatan HKG PKK diisi dengan lomba dan sejumlah kegiatan lainnya. Salah satunya pembacaan sejarah singkat gerakan PKK di Indonesia.(wah)

Berita Terkait