Perkuat Kesehatan di Perbatasan

Perkuat Kesehatan di Perbatasan

  Rabu, 30 March 2016 09:13
TIM NS: Petugas Kesehatan yang ditempatkan Kemenkes yakni Tim NS memaparkan hasil survei kesehatan daerah perbatasan di aula Kantor Dinkes Sambas. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS - Kementerian Kesehatan menempatkan 16 petugas kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat (NS) ke daerah perbatasan di Kabupaten Sambas. Mereka ditugaskan di Puskesmas Sajingan Besar, Temajuk dan Paloh.

"Sejak Maret 2015, ada 16 petugas kesehatan ditugaskan di daerah perbatasan," kata Staf Ahli Bupati Sambas Rustina SSos, saat menghadiri pemaparan Tim  Nusantara Sehat, Selasa (29/3) di Aula Kantor Dinas Kesehatan.

Menurutnya, kehadiran Tim NS. Memperkuat pelayanan kesehatan di perbatasan khususnya di wilayah Sajingan Besar, Temajuk dan Paloh.

"Kita mengapresiasi kepada Tim NS yang telah melakukan survei kesehatan di wilayah perbatasan yang merupakan daerah tertinggal, terpencil dan terluar," katanya.

Tim NS, sebutnya, masih bertugas hingga 2017 mendatang. Diharapkan ke depannya, kordinasi dengan camat dan kades terus dilakukan.

"Kita berharap ada hasil yang baik. Dalam mendukung serta memotivasi kemajuan pelayanan kesehatan bersama dengan petugas kesehatan yang ada di Sajingan Besar, Temajuk dan Paloh. Termasuk saling sharing ilmu kesehatan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr I Ketut Sukarja menyatakan dalam bidang kesehatan. Keberadaan Tim NS sangat membantu.

"Kita berharap, tim NS bisa menjadi suplemen bidang kesehatan di Kabupaten Sambas khususnya di perbatasan," kata dr I Ketut Sukarja, Selasa (29/3).

Pihaknya juga berharap, tim NS dapat mentransfer ilmu dalam memperkuat manajemen Puskesmas di tempatnya ditugaskan.

"Kementerian Kesehatan menempatkan tim NS ini tujuannya memperkuat bidang kesehatan di perbatasan, karena tim NS adalah gabungan petugas kesehatan se Indonesia," katanya.

Kemudian hasil survei yang juga dilakukan tim NS. Menjadi masukkan kepada Puskesmas dan dinas dalam rangka memajukan program kesehatan di Sambas.

Tim NS Tim NS Sajingan Besar mulai bertugas pada Mei 2015 dipimpin dr Christin (Medan), Firwan Saputra S.Kep. Ners (Melawi), Kristen E.D Hutabarat A.Md Keb (Begkulu), Ricky Amelia Bawina S.Km (Gorontalo), Dwi Purwo Sasmito A.Md Gt (Kubu Raya) dan Evie Celia Naomi A.Md KL (Bogor).

Tim NS Temajuk Bertugas November 2015 dipimpin La Ode Muhammad Awalludin A.Md Kep (Kendari) Sabariah SKM (Jambi), Nanda Rahma Fitri SST (Aceh), Septy Astifiani (Surabaya) dan Yunika Fatmawati A.Md Gt (Palembang).

Kemudian Tim NS Paloh bertugas November 2015, terdiri dari Bahrunil Jamil Martika Ruri A.Md (Jakarta), Astri Wulandari A.Md Kep (Pelembang), Dwi Ary Nugraheni A.Md Kep (Lampung), Isty Agniya Awidyasty A.Md KL (Bandung) dan Johana Loisa Kolihim A.Md AK (NTT).(fah)

Berita Terkait