Perkemas Tingkatkan Peran Puskesmas

Perkemas Tingkatkan Peran Puskesmas

  Kamis, 14 April 2016 09:48
PERKESMAS: Pelatihan Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) bagi perawat dan koordinator perawat se Kabupaten Sambas.OZY/PONTIANAKPOST

SAMBAS- Pelatihan Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) bagi perawat koordinator perawat di Puskesmas se Kabupaten Sambas pada 11 hingga 14 April 2016 di Aula Kantor Dinkes Sambas.

Ketua Panitia Muhardi, S.AP, M.Si mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan coordinator Perkesmas dalam penyelenggaraan upaya Perkesmas. Diikuti 30 orang dengan rincian 28 dari Puskesmas dan 2 dari Dinkes.

“Dalam kegiatan tersebut dihadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dan DPD PPNI Kabupaten Sambas,” katanya.

Dimana dalam kegiatan tersebut dilaksanakan dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 36 dan peserta nantinya akan mendapat sertifikat setelah lulus dalam pelatihan ini.

Salah satu peserta Pelatihan dari Puskesmas Tekarang  Irwanto, S.ST mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat yakni meningkatkan kapasitas perawat dalam menerapkan Perkesmas sesuai dengan standarisasi kompetensinya.

Seiring dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, yang menyebutkan bahwa Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) merupakan bagian integral dalam pelayanan kesehatan. Dimana Puskesmas yang menerapkan Perkesmas dapat membina keluarga rawan, keluarga miskin, keluarga resti dan yang berpenyakit menular agar menjadi mandiri dalam mengatasi masalah kesehatannya sehingga pada akhirnya dapat menciptakan hidup sehat.

Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sambas, Pemerintah Kabupaten Sambas melalui salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten Sambas yaitu Puskesmas Selakau baru –baru ini mendapat sertifikasi ISO 9001-2008 dari Badan Sertifikasi Internasional SAI Global pada tanggal 1 Desember 2015.

Perwakilan SAI Global Mr. Mangisi menyerahkan langsung sertifikat ISO 9001-2008 kepada Wakil Bupati Kabupaten Sambas DR. Pabali Musa, M.Ag. di hadiri oleh Konsultan ISO Siti Mukmini, M.SC, Phd, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, dan undangan SKPD lainnya. Kepala Puskesmas Selakau dr. Yana Sumartana dalam sambutannya mengatakan untuk meraih sertifikat ISO 9001-2008 penuh perjuangan
kegiatan pelatihan  yang dimulai sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 memerlukan komitmen dan kerja keras oleh berbagai pihak terutama seluruh staf Puskesmas Selakau dan Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas. Lanjut dr. Yana mengatakan bahwa dengan mendapat sertifikat ISO ini Puskesmas Selakau dapat menjamin  mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sambas.

Kadis Kesehatan Kabupaten Sambas, dr I Ketut Sukarja  dalam sambutannya mengatakan Puskesmas adalah ujung tombak Pemerintah Kabupaten di dibidang pelayanan kesehatan kepada warga. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pada tahun ini baru puskesmas
Selakau yang dipersiapkan Sertifikat ISO oleh  Badan Sertifikasi
Internasional.Saat ini di Dinkes Kab Sambas terdapat 27 Puskesmas dan 89 Puskemas Pembantu (pustu), Diantara 27 puskesmas, baru satu yang sudah mengantongi ISO, yaitu Puskesmas Selakau, dan beberapa puskemas lainnya ditarget akan Akreditasi.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh Dinkes supaya Puskesmas ber-ISO. Yakni, melengkapi sarana dan prasarana, seperti peningkatan peralatan medis maupun fasilitas puskesmas dan Training Pra ISO.

Kami telah melakukan secara bertahap sejak Agustus 2013: Diawali dengan Training Sensitivity and Mind Setting, lalu Tahun 2014: Training Team Building & Quality Manual Establishment, dan Implementasi Standard ISO di setiap Unit pelayanan di Puskesmas Selakau, dan Tahun 2015: Training Internal Audit, dilanjutkan dengan Document Review dan Pre-Audit, serta Agustus 2015 telah dilakukan Audit Sertifikasi. Selain itu, kesiapan SDM dinilai sangat penting menuju ISO.

“Sebagus apa pun peralatan yang dimiliki, akan percuma bila SDM pas-pasan”.(fah/*)