Perjuangan Van Gaal Hindari Pemecatan

Perjuangan Van Gaal Hindari Pemecatan

  Sabtu, 19 December 2015 07:36

Berita Terkait

MANCHESTER - Setelah tiga kali gagal meraih kemenangan di Premier League, ditambah, tersingkir dari Liga Champions, pelatih Manchester United Louis van Gaal sudah sepatutnya merasa cemas terhadap masa depannya. Sangat mungkin dirinya mengalami nasib yang sama seperti Jose Mourinho yang kemarin resmi dipecat sebagai pelatih Chelsea.

Ancaman pemecatan itu bisa menjadi kenyataan jika Van Gaal kembali gagal mempersembahkan kemenangan saat United menjamu Norwich City di Old Trafford, nanti malam. Fans United bahkan diisukan akan kembali menyewa sebuah pesawat untuk menerbangkan banner raksasa di atas Stadion Old Trafford pada laga kontra Norwich nanti.

Banner itu berisi tulisan “Van Gaal Out,” sebagai ekspresi ketidakpuasan mereka atas kinerja pelatih asal Belanda itu. Hal serupa juga pernah dilakukan fans MU kepada pelatih sebelumnya, David Moyes. Tak lama setelah kejadian tersebut, Moyes akhirnya dipecat manajemen.

Fans memang berhak kecewa jika merujuk performa MU yang tidak konsisten di sepanjang musim ini. Di Premier League, United memang masih bertahan di peringkat empat dengan hanya tertinggal enam poin saja dari pemuncak klasemen sementara Leicester City. Namun, fans masih sulit menerima kegagalan timnya meraih kemenangan dalam lima laga terakhir di berbagai kompetisi.

Kekecewan fans semakin bertambah dengan tersingkirnya MU dari Liga Champions. Padahal, selama 18 bulan melatih klub, Van Gaal sudah menghabiskan ratusan juta poundsterling untuk membeli pemain-pemain baru. Kekecewaan fans dan manajemen diprediksi akan mencapai puncaknya jika MU gagal meraih kemenangan dari Norwich di Old Trafford nanti malam.

Laga itu ibarat pengadilan terakhir terhadap Van Gaal. Beruntung, United punya catatan bagus di kandang sendiri di sepanjang musim ini. David de Gea dan kawan-kawan belum terkalahkan dalam tujuh laga kandang di Premier League. Kondisi tim juga cukup diuntungkan menyusul pulihnya bomber utama Wayne Roone yang kemungkinan bermain sejak menit pertama. Pulihnya Rooney setidaknya  mengobati kecemasan Van Gaal yang tak bisa menurunkan  Bastian Schweinsteiger akibat akumulasi kartu.

Laga kontra Norwich ini juga akan mengawali dimulainya Boxing Day yang akan menyibukkan semua tim di Premier League. Total, dalam dua pekan ini, United akan bermain dalam empat laga, termasuk melawan tuan rumah Chelsea. Boxing Day menjadi pekan m sangat krusial bagi semua klub. De Gea berharap kerja keras timnya di sesi latihan, bisa berbuah hasil memuaskan selama mengarungi Boxing Day ini.

”Kami tahu bulan Desember ini selalu berat dengan banyaknya jadwal pertandingan, jadi kami harus melewatinya dengan hasil  bagus. Kami terus berlatih untuk itu. Kami berlatih berat dan sangat mempersiapkan diri agar bisa menjalani Boxing Day dengan tingkat kebugaran maksimal,” kata De Gea seperti dilansir Four Four Two.

 

 

 

Norwich sendiri hanya meraih satu kemenangan saja dalam 11 laga terakhir di berbagai kompetisi. Mereka kini menghuni zona degradasi dan tak akan diperkuat oleh sejumlah pilar seperti Andre Wisdonm dan Matt Jarvis yang mengalami cedera. Norwich akan menjadikan laga kontra MU nanti sebagai momen mengakhiri trend negatif mereka di Premier League. (ish)

 

 

Siaran Langsung Indosiar, Sabtu (19/12) Pukul 22.00 WIB

Stadion: Old Trafford

Wasit: Michael Oliver

 

 

 

PERKIRAAN PEMAIN

 

Man United  (4-2-3-1): 1 De Gea; 30 Varela, 12 Smalling, 17 Blind, 43 Borthwick-Jackson; 28 Schneiderlin, 16 Carrick; 8 Mata, 10 Rooney, 7 Depay; 9 Martial

 

Pelatih: Louis van Gaal

 

 

 

Norwich (4-4-1-1): 13 Rudd; 3 Wisdom, 5 Martin, 6 Bassong, 23 Olsson; 22 Redmond, 28 O'Neil, 27 Tettey, 12 Brady; 14 Hoolahan; 10 Jerome

 

Pelatih: Neil Young

 

 

 

Berita Terkait