Perizinan Perumahan Optimis Satu Jam Kelar

Perizinan Perumahan Optimis Satu Jam Kelar

  Jumat, 11 Agustus 2017 19:58

Berita Terkait

Pemkot Dapat Penghargaan Menteri PUPR

JAKARTA-Berkat inovasi kemudahan perizinan dalam pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, Pemerintah Kota Pontianak, kembali mendapat penghargaan. Penghargaan itu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang diterima langsung Wali Kota Pontianak, Sutarmidji saat pembukaan Indonesia Properti Expo 2017, sekaligus peringatan Harpenas di Jakarta (11/8).

Pantauan Pontianak Post, pemberian penghargaan langsung diberikan Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeldjono disaksikan Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam pidato sambutan Presiden, Joko Widodo, begitu berterima kasih, kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang sudah melakukan percepatan dalam pemberian izin pengurusan rumah bagi masyarakat penghasilan rendah di daerahnya.

Menurutnya masih banyak daerah yang kepengurusan perizinannya begitu lama. Dirinya akan cek di REI, untuk menanyakan wilayah mana saja yang masih sulit perizinannya. "Kita ini senang membelenggu diri kita sendiri dengan aturan perizinan yang banyak. Sekarang ini eranya kecepatan. Daerah yang cepatlah yang menang," katanya.

Menurutnya, provinsi kabupaten dan kota yang cepat kepengurusan akan memenangkan kompetisi. Kalau masih banyak aturan banyak perda yang memberatkan perizinan langsung dihilangkan saja. "Semakin sedikit perda semakin baik," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menjelaskan, penghargaan yang diterima dari Kementerian PU PR ini tentang inovasi kemudahan perizinan dalam pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Kalau Badan Koordinasi Penanaman Modal, layanannya sudah 3 jam. Di tempat kita (Pemkot Pontianak) layanan perizinan perumahan 6 setengah jam selesai. "Saya akan evaluasi semua perizinan. Kalau bisa kita di bawah 3 jam. Kalau sekarang kita tercepat 6 jam jika dibanding dengan daerah lain. Tapi saya maunya harus bisa 1-3 jam. Jika syarat lengkap tak perlu lama urusannya. 1 jam bisa," ucapnya optimis.

Tahun depan ia akan datang ke sini (Jakarta) dengan membawa inovasi pelayanan lebih cepat dari saat ini. "Saya yakin ini bisa dilakukan," terangnya.(iza)

Berita Terkait