Peringati HKG, Gelar Berbagai Perlombaan

Peringati HKG, Gelar Berbagai Perlombaan

  Rabu, 6 April 2016 09:37
PEMBUKAAN HKG: Camat Sukadana Syahrial Solihin saat membuka kegiatan Hari Kesatuan (HKG) PKK yang digelar di Aula Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, kemarin (5/4). DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Memperingati Hari Kesatuan (HKG) ke-44 PKK, Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Sukadana menggelar berbagai lomba, dengan tema: Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma, di Aula Desa Sutera, Selasa (5/4). Adapun untuk perlombaan tersebut yakni Lomba Penyuluhan BKB, Lomba Pidato tentang Dasawisma Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak, Lomba Penyuluhan Posyandu, dan Lomba Pesan berantai. Berbagai perlombaan tersebut diikuti 10 desa se-Kecamatan Sukadana.

Dalam sambutannya, ketua TP PKK Kecamatan Sukadana, Ice Marlina, menjelaskan jika tujuan memperingati HKG adalah untuk meningkatkan pemahaman segenap jejaran PKK tingkat desa, meningkatkan motivasi, serta pembelajaran kader dan masyarakat untuk  mau dan mampu melaksanakan program PKK, serta berpatisipasi mengikuti kegiatan PKK.

“Ketika TP PKK Kecamatan menunjuk suatu desa untuk mengikuti suatu lomba. Mereka kewalahan karena kemampuan yang minim dan kurang kompaknya antarpengurus PKK di desa,” ujarnya.

Dia berharap agar tim PKK desa membuat laporan tahunan kegiatan mereka setiap desa dan dilaporkan ke kecamatan. “Saya harap PKK desa untuk mengisi papan program, data pokja, dan dilaporkan kepada TP PKK kecamatan. Pada tahun ini kita sepakat laporan program tahunan harus sudah disampaikan ke TP PKK Kecamatan paling lambat bulan Oktober nanti,” pesan dia.

Sementara itu, Camat Sukadana Syahrial Solihin saat membuka acara, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan lomba TP PKK tingkat kecamatan tersebut. Dia berharap agar setiap desa dapat memberikan yang terbaik dalam lomba, untuk mewakili Kecamatan Sukadana di tingkat Kabupaten pada 28 April 2016 mendatang. Harapan dia, wakil kecamatan ini kelak dapat memperoleh hasil yang memuaskan. “Untuk lomba ini sebagai ajang silahturahmi, kita juga menjalin komunikasi  yang baik antarTP PKK kecamatan dan TP PKK desa, agar permasalahan- permasalahan yang ada di desa dapat didengar oleh TP PKK kecamatan,” katanya.

Adapun untuk hasil penelitian dan penilaian selama ini, diakui dia bahwa  PKK desa sampai saat ini belum bisa menunjukan kepribadiannya serta mendapatkan hasil yang memuaskan. “Hasil evaluasi kami, Desa Benawai Agung dan desa lainnya kita masih lemah di administrasi. Namun saya memaklumi itu karena anggota  PKK memiliki kesibukan masing-masing seperti harus mengurus rumah tangga, bekerja sebagai guru dan lain sebagainya,” jelasnya.

Namun, menurut Syahrial, apabila memiliki kemauan kuat untuk ikut berpatisipasi dalam membangun desa, maka dia yakin pasti bisa. “Melalui hal inilah kita dapat menjunjung tinggi kekompakan antardesa di setiap kecamatan,” pungkasnya. (dan)

Berita Terkait