Peringatan Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat

Peringatan Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat

  Rabu, 11 November 2015 09:16
HARI PAHLAWAN: Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Kayong Utara berlangsung dengan khidmat, dengan pelaksanaan upacara bendera di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara. (kanan) Wakil Bupati Kayong Utara Idrus saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11). DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Dengan mengusung tema: Semangat Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara mengelar upacara bendera untuk memperingatan Hari Pahlawan 2015 di Halaman Kantor Dinas Pendidikan, Selasa (10/11). Upacara tersebut dipimpin wakil Bupati (Wabup) Kayong Utara, Idrus. Dalam penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan ini dimaksudkan untuk memberikan pengakuan, penghormatan, dan penghargaan kepada para pelaku perjuangan, agar mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya. Untuk itu, dalam pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015, difokuskan dalam membangun kekuatan bersama yang dapat menjadi daya dorong dalam rangka menyelesaikan masalah kebangsaan.

Pada upacara ini, selain dihadiri para kepala satuan kerja perangkat daerah, tampak pula hadir Kapolsek Sukadana, perwakilan Koramil, juga utusan perwakilan Kejaksaan Negeri Ketapang. Tampak pula di barisan para peserta upacara, para pegawai negeri sipil, para tenaga kontrak, serta anak-anak sekolah menengah atas (SMA).Pada kesempatan ini, Wabup Idrus menyampaikan amanat melalui teks pidato dari Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa.

Pada sambutannya, Mensos mengungkapkan jika Peringatan Hari Pahlawan tahun ini memiliki makna khusus. Selanjutnya, dia menambahkan, hal ini dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan, untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja, dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momenfum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai-nilai persafuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

Selain itu, lanjut dia, Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia,  sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang. “Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan, dan produktivitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antarumat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antarkampung, maupun antarpelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan, dan sebagainya,” tutur Idrus pada sambutannya. (dan)

Berita Terkait