Perikananan Buat Pakan Sendiri

Perikananan Buat Pakan Sendiri

  Selasa, 19 January 2016 09:24
Hidayati

Berita Terkait

KEPALA Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, Hidayati meminta agar pelaku usaha dapat membuat pakan ikan sendiri. Dengan begitu, mereka dapat menekan pengeluaran pembelian pakan ikan. Demi mencapai tujuan itu, pihaknya akan memberi bantuan mulai dari peralatan hingga pelatihan kepada pemilik tambak ikan.

“Selain memberi bantuan pemilik keramba yang terkena musibah beberapa waktu lalu, kami juga akan memberi pelatihan terkait pembuatan pakan ikan. Rencananya dalam waktu dekat ini akan terealisasi,” katanya belum lama ini.

Biaya operasional untuk membeli pakan ikan ternyata cukup tinggi berakibat pemilik tambak merasa kewalahan untuk memenuhi kebutuhan itu. makanya, dinas terkait memberi pelatihan agar para pemilik keramba bisa membuat pakan ikan sendiri dengan maksud untuk mengurangi beban pengeluaran. Dengan begitu keuntungan bisa lebih besar.

Tak sulit membuat pakan ikan sendiri. Bahan dasarnya ada dua dan mudah ditemukan di sejumlah pasar dengan harga terjangkau. Bahannya adalah darah sapi dan ayam. Jika dibedakan dengan harga pakan yang jadi tentu harganya lebih mahal. “Terpenting kualitas pakan buatan sendiri kandungan proteinnya lebih tinggi,” ujarnya.

Sejauh ini, ia mengklaim sudah ada beberapa yang menerapkan pemanfaatan pakan tersebut. Hanya saja masih belum sepenuhnya pelaku usaha yang memanfaatkan darah sapi dan ayam dalam memberi makan ikan miliknya.Setelah dianalisa kandungan proteinnya mencapai 33 persen. Itu baik untuk pakan, tinggal menambahkan mineral mikro yang diperlukan untuk pertumbuhan ikan agar besar dan sehat. Jika kualitas ikan bagus tentu akan meningkatkan harga ikan tersebut.(iza)

Berita Terkait