Perhubungan Serahkan Terminal

Perhubungan Serahkan Terminal

  Rabu, 24 February 2016 08:57
Anthony Runtu

Berita Terkait

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Barat segera menyerahkan pengelolaan jembatan timbang dan Terminal Tipe A Sungai Ambawang kepada Kementerian Perhubungan RI. Nantinya di sana akan berdiri Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik kementerian tersebut.

“Paling lambat 2 Oktober 2016 pengelolaan jembatan timbang dan Terminal Sungai Ambawang sudah diserahkan kepada pemerintah pusat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalbar, Anthony Sebastian Runtu di Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (23/2).Penyerahan pengelolaan aset-aset tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Anthony menjelaskan  tahap awal penyerahan dimulai dengan sumber daya manusia. Pegawai negeri yang bekerja di sana diberikan tawaran untuk memilih menjadi pegawai Kementerian Perhubungan RI atau tetap menjadi pemerintah pusat. Sedangkan tenaga nonpegawai negeri pembiayaannya diserahkan seluruhnya kepada pemerintah pusat.

“Berdasarkan laporan yang saya terima, hingga saat ini baru satu orang yang mengajukan untuk menjadi pegawai pusat,” jelas Anthony.Nantinya di sana, lanjut Anthony, ada UPT yang dibentuk oleh Kementerian Perhubungan RI. Kendati demikian, Dishubkominfo Provinsi Kalbar tak lepas tangan begitu saja. Mereka memiliki fungsi koordinasi.“Untuk tenaga di sana, ada pegawai negeri Pemprov Kalbar yang diperbantukan di sana. Bagaimana mekanisme perbantuan itu, tentu ada aturannya. Saat ini masih dalam penyusunan dan pembicaraan,” ungkapnya.

Anthony mengatakan di Kalbar terdapat lebih dari satu jembatan timbang. Unit pelaksana (upla) I di Singkawang dan Ketapang. Ada juga di Sosok, Sintang, dan Sekadau. Pemprov Kalbar juga akan menambah satu jembatan timbang lagi di Jalan Transkalimantan. Penambahan jembatan timbang ini untuk menjaga kondisi jalan di sana. (uni)

 

Berita Terkait