Perhatikan Anggaran Pilkada

Perhatikan Anggaran Pilkada

  Selasa, 13 September 2016 10:17

Berita Terkait

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan agar Penjabat Bupati Landak memerhatikan anggaran pemilihan kepala daerah.

Hal itu disampaikannya agar penjabat bupati mengetahui apakah anggaran itu sudah dianggarkan atau belum. Jika sudah dianggarkan, apakah sudah disalurkan atau belum.

Saat ini penyelenggaraan pemilukada akan berlangsung di dua daerah yakni Singkawang dan Landak.

“Cek prioritas Pj Bupati agar rapat lebih detail dengan SKPD dan camat. Kepala dinas yang tidak hadir dalam pelantikan beri teguran tertulis,” pinta Cornelis, belum lama ini.

Sementara itu, peluang calon tunggal di pemilukada Landak semakin terbuka. Hal ini setelah Gerindra memberikan sinyal akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Dukungan sebelumnya sudah datang dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan beberapa partai lainnya. Dukungan dari partai itu tergabung dalam Koalisi Binua Landak.

Sinyal merapatnya Gerindra ke koalisi ini setelah ada pertemuan antara Ketua DPD PDI Perjuangan Cornelis dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Sabtu (10/9).

Sebelumnya Ketua umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh menilai calon yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pantas memimpin Landak untuk periode berikutnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Landak terus melakukan tahapan penyelenggaraan pemilukada yang akan dihelat 15 Februari 2017. Mulai 8 September hingga 7 Oktober 2016 tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih.

Komisioner KPU Landak Reni Yuliati mengungkapkan saat ini pihaknya menyebarkan 1.000 petugas pemuktahiran data pemilih sesuai jumlah tempat pemungutan suara atau TPS yang ada di Landak.

Reni menegaskan, PPDP selama 30 hari akan mendatangi rumah ke rumah penduduk untuk melakukan coklit pemilih. Sehingga diharapkan peran serta masyarakat untuk aktif mendukung KPU dalam menjalankan tahapan Pilkada Landak ini.

Diharapkannya, dengan pemutakhiran data pemilih, maka dapat diperoleh data pemiluh yang faktual, valid dan komprehensif. Dijelaskannya, setelah PPDP mendatangi setiap rumah, mendata anggota keluarga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. Selanjutnya, setiap rumah di tempel stiker tanda sudah terdata.

“Kami mohon partisipasi aktif masyarakat membantu pendataan. Kami juga sudah melakukan sosialisasi baik di media massa, spanduk dan kepada anggota PPK dan PPS untuk mendampingi PPDP  yang menjalankan tugas di lapangan,” pungkas Reni.(mse)

 

Berita Terkait