Perempuan, Desa Model

Perempuan, Desa Model

  Sabtu, 20 February 2016 09:49
Frederika Cornelis

KETUA Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis mengatakan program desa model terus dilaksanakan setiap tahun, termasuk pada 2016. Hingga saat ini terdapat delapan desa model di delapan kabupaten di Kalbar.

“Tahun ini (lokasinya) belum ditetapkan,” ujar Frederika, belum lama ini.Frederika menuturkan pihaknya hanya bisa melaksanakan program satu desa model setiap tahunnya. Dikarenakan keterbatasan yang ada sehingga tak semua desa di Kalbar dapat terjangkau dan terpapar program. Tetapi diharapkan dari satu desa model dapat berkembang desa-desa model lainnya di kabupaten tersebut.

“Desa lain di kabupaten itu dapat mencontoh desa model yang ada. Ketua PKK kabupaten bisa melihat dan menggerakkannya. Sebab perlu waktu bertahun-tahun untuk membina seluruh desa di Kalbar,” kata Frederika.Menurut Frederika, saat ini ada beberapa desa model yang dinilai berhasil dan berkembang. Diantaranya di Sambas, Singkawang, dan Kubu Raya. Desa model di sana bisa menggulirkan dananya dan menjalin kerjasama yang baik dengan lintas sektoral.“Di sana lintas sektoral ada yang memberi bibit itik, ayam, dan lainnya. Hasilnya bisa digunakan untuk mengembangkan yang lainnya seperti membuat telur asing,” tutur Frederika. (uni)