Percepatan Pemekaran Kecamatan

Percepatan Pemekaran Kecamatan

  Senin, 23 January 2017 09:32
Rusman Ali

Berita Terkait

KUBU RAYA – Pemekaran tiga kecamatan baru menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di tahun 2017. Adanya usulan pemekaran kecamatan itu diharapkan bisa lebih memaksimalkan layanan pemerintah bagi masyarakat. 

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengakui jika wilayah Kabupaten Kubu Raya sangat luas, buktinya jarak antar beberapa ibu kota kecamatan dengan sejumlah desa sangat jauh. 

“Agar rentang kendali jarak pelayanan kepada masyarakat semakin dekat, maka kami mendukung upaya pemekaran beberapa kawasan di Kubu Raya sehingga tidak hanya memaksimalkan layanan publik, namun juga bisa mendorong percepatan pembangunan di daerah,” kata Rusman Ali. 

Pada tahun 2017, ada tiga kecamatan baru yang sebelumnya diusulkan untuk segera dilakukan pemekaran. Tiga kecamatan itu yakni,  Kecamatan Kumpai Raya, Kecamatan Batu Padang Tikar dan Kecamatan Kerta Mulia. “Usulan Kecamatan Kumpai Raya merupakan pemekaran dari Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Padang Tikar  merupakan pemekaran dan Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Kerta Mulia yang merupakan gabungan dan sebagian desa di Kecamatan Kubu dan Teluk Pekedai,” paparnya. 

Rusman Ali mengharapkan dukungan dari masyarakat dan kepala desa, agar prosesnya dapat segera dilaksanakan. Dikatakan Rusman Ali satu hal yang sangat penting adalah mengenai letak ibu kota kecamatan. Ibu kota kecamatan harus disepakati dengan betul oleh masyarakat dan desa-desa yang tergabung dalam kecamatan tersebut. 

"Disamping persyaratan lain yang harus dipenuhi, yang juga sangat penting adalah kesepakatan atas letak ibu kota kecamatan. Karena kaitannya dengan pusat pelayanan kepada masyarakat," terang Rusman Ali.

Rusman Ali menjelaskan bahwa tiga kecamatan tersebut sudah masuk dalam program kerja 2017. Baik dari segi penganggaran maupun pembahasan bersama DPRD dan kajian teknis dari instansi terkait. 

Hal senada juga diutarakan Ketua Komisi I DPRD Kubu Raya, Lendeng Syahrani yang mengatakan pada tahun ini usulan pemekaran tiga kecamatan tersebut mejadi salah satu rencana  kerja Parlemen Kubu Raya. 

“Agar proses pemekaran berjalan lancar, kami berharap masing-masing panitia pemekaran kecamatan, bisa melengkapi sejumlah berkas dan persyaratan lain yang diperlukan,” kata Lendeng. 

Politisi Partai Amanat Nasional ini menambahkan, jika tiga kecamatan tersebut bisa segera dimekarkan,  diharapkan masyarakat kecamatan setempat bisa lebih bersungguh-sungguh dalam menggali potensi yang ada di daerahnya masing-masing. “Kalau sebelumnya mungkin, karena rentang kendali layanan masyarakat lama, karena jarak dari desa ke ibu kota kecamatan cukup jauh, jika sudah dimekarkan saya rasa sudah tidak ada alasan lagi untuk mengeluhkan lambannya layanan publik dan sejenisnya,” pungkasnya. (ash) 

Berita Terkait