Percepat Pemekaran Sungai Raya

Percepat Pemekaran Sungai Raya

  Selasa, 25 Oktober 2016 09:30
PERWAKILAN: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat menerima perwakilan masyarakat untuk mendorong pemekaran Kecamatan Sungai Raya. Ashrie/Pontianak Post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Sejumlah warga Kecamatan Sungai Raya, Senin (24/10) melakukan audiensi bersama Bupati, Wakil Bupati dan Plt Sekda Kubu Raya di Kantor Bupati Kubu Raya.

Salah satu warga, Sofian‎ menginginkan dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat untuk 

kembali  mengawal usulan pemekaran Kecamatan Sungai Raya. Usulan pemekaran ini sudah dilakukan sejak 2004. 

"Karena sejumlah persyaratan pemekaran sudah dipenuhi, kami harap kedepan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, bisa turut memperjuangkan untuk mempercepat pemekaran Kecamatan Sungai Raya menjadi Kecamatan Kumpai Raya," paparnya.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali menyetujui rencana Pemekaran Kecamatan Sungai Raya dengan rencana Kecamatan Baru adalah Kumpai Raya. Hal tersebut disampaikan Rusman Ali saat menerima dan berdialog dengan masyarakat dari beberapa Desa yang menjadi bagian dari rencana Kecamatan baru tersebut diruang Rapat Bupati Kubu Raya. 

Dijelaskan Rusman Ali, berdasarkan penjelasan dari masyarakat tersebut bahwa rencana Pemekaran Kecamatan Sungai Raya sudah pernah diusulkan masyarakat sejak tahun 2004. Namun pada saat itu, focus perjuangan dan dukungan masyarakat pada Pembentukan Kabupaten, disamping itu juga pada saat itu jumlah Desa belum mencukupi sebagai salah satu syarat Pembentukan Kecamatan Baru.

Rusman Ali meminta agar masyarakat yang ada di 10 Desa yang masuk dalam Kecamatan Baru membentuk kepanitiaan yang baru dengan SK yang baru, kemudian mengajukannya kepada Pemerintah yang dilengkapi dengan rencana Ibu Kota Kecamatan.

“Saya sangat setuju, kecamatan Sungai Raya dimekarkan, sebab jumlah penduduknya sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan. Disamping itu juga untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta mempercepat pembangunan. Sekarang sudah ada 10 Desa di Kecamatan yang akan dimekarkan. Makanya saya tadi menyampaikan kepada masyarakat yang hadir kesini agar melengkapi segala pengajuan dan syarat-syarat administrasi, dan membentuk kepanitiaan yang terstruktur dan rapi,” ujar Rusman Ali.

Rusman Ali menjelaskan bahwa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat adalah kebutuhan. Dengan demikian pembentukan Kecamatan Baru tersebut merupakan kebutuhan. Namun harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Ditegaskan Rusman Ali, tahun 2017 Pemerintah Kubu Raya akan menganggarkan  untuk melakukan studi kelayakan dan penelitian yang melibatkan akademisi. Sebab menurutnya harus ada kajian mendalam mulai dari tatat letak ibu kota Kecamatan sebagai pusat pelayanan di kecamatan dan persyaratan yang lainnya.

“Tahun depan kami anggarkan untuk melakukan studi kelayakan dan penelitiannya, kemudian kita ajukan ke Pemerintah provinsi untuk persetujuan. Pada dasarnya kita sangat setuju demi mendekatkan pelayanan dan mempercepat pembangunan,” pungkasnya. (ash) 

Berita Terkait