Perbakin Kalbar Segera Dibentuk

Perbakin Kalbar Segera Dibentuk

  Selasa, 21 June 2016 09:30

Berita Terkait

Diinisiator Wakapolda dan Ketua KONI

PONTIANAK--Setelah lama vakum dan dimisioner, akhirnya diinisiator oleh Wakapolda Kalbar Kombes Pol Joko Irianto dan Ketua Umum KONI Kalbar Sy Machmud Alkadrie, Perbakin Kalbar akan dibentuk kembali di Kalimantan Barat. Sempat terbentuk beberapa tahun lalu, namun karena kurang aktif dan tanpa aktifitas maka Perbakin Kalbar dimisioner oleh Perbakin Pusat.

Untuk menyatukan visi dan misi pembentukan kembali Perbakin,  dilaksanakanlah pertemuan yang dibarengi buka puasa bersama di Restoran Simpang Raya, jalan Veteran.

Pada HUT Bhayangkara nanti, kata Wakapolda, juga direncanakan akan dilaksanakan lomba menembak sehingga kehadiran Perbakin sangat diperlukan sebagai pelaksana kejuaraan.

Menurutnya, Kalbar sebagai daerah yang luas keempat dari seluruh propinsi di Indonesia, wajib memiliki penembak-penembak dan atlet-atlet menembak berkelas nasional. Karena itu hadirnya Perbakin di Kalbar diharapkan bisa menjadi wadah dalam belajar ilmu menembak yang baik. Apalagi, kata dia, menembak adalah kegiatan positif yang ternyata mampu mengurangi kenakalan remaja seperti narkoba, seks bebas dan minum-minuman keras.

Dir Intelkam Polda Kalbar Kombes Pol Supriyanto pada kesempatan tersebut menambahkan, dirinya berharap pengurus Perbakin tak didominasi lagi dari kalangan kepolisian maupun ABRI, tapi juga dari kalangan sipil dan umum. Bahkan dia menyarankan jabatan ketua harian dan sekretaris dari kalangan umum yang menetap lama di Kalbar. "Sebab, kalau dipegang kepolisian bisa berpindah-pindah dan sulit fokus pada organisasi. Harus ada formula baru dalam memajukan Perbakin. Wajib dipilih orang-orang aktif yang mau bekerja dan membesarkan organisasi Perbakin," katanya.

Ketua Umum KONI Kalbar Sy Machmud Alkadrie SH didampingi Sekretaris Umum H Erwin Anwar mengatakan, KONI Kalbar pada prinsipnya sangat mendukung dan merespon pembentukan Perbakin di Kalbar. Sesuai amanah UUD olahraga, KONI wajib mendukung dan bekerjasama dengan organisasi olahraga yang akan dibentuk maupun yang telah terbentuk.

Menurutnya, Perbakin Pusat yang dipimpin Bambang Trihatmojo masih mengakui keberadaan Perbakin Kalbar. Sebab, Perbakin Kalbar melalui KONI masih terus merespon dan  berkomunikasi dengan Perbakin Pusat di masa kevakuman Perbakin Kalbar.

"Pengprov Perbakin memang telah dimisioner, tapi di PB kita masih diakui, karena lancar surat menyurat," katanya.

Sesuai petunjuk dari PB, kata Machmud, maka harus dilaksanakan pertemuan dan segera dibentuk formatur. "Kan sayang jika kita punya banyak pemburu, penembak dan komunitas berburu aktif tapi tidak punya wadah Perbakinnya," katanya. Machmud juga meninisiatif agar segera kembali dilaksanakan pertemuan seperti yang dilaksanakan kemarin. "Mungkin di pertemuan berikutnya kita bisa membicarakan hal yang lebih spesifik," ungkap dia. (bdi)

Berita Terkait