Peran Lewy Masih Penting

Peran Lewy Masih Penting

  Kamis, 23 June 2016 09:30
Lewandowski

Berita Terkait

ROBERT Lewandowski menjadi sorotan terkait performanya di tiga pertandingan pada babak penyisihan grup. Lewy—sapaan akrabnya—hanya mampu melepaskan empat shot tanpa satu pun mengenai sasaran. Padahal, bomber Bayern Muenchen tersebut selalu bermain full. 

Lewy memang memikul beban yang tidak ringan di timnas Polandia. Selain menjabat kapten tim, dia adalah penyerang tunggal dalam skema 4-2-3-1. Terlebih, performanya selama melakoni babak kualifikasi sangat dahsyat. Tercatat ada 13 gol yang mampu dihasilkan mantan striker Borussia Dortmund tersebut. Prestasi yang kini seolah menguap begitu saja.

''Dia (Lewandowski) memang belum mencetak gol. Namun itu bukan masalah besar bagi kami,'' ujar pelatih Polandia Adam Nawalka kepada ESPN. ''Peluang memang sempat dia cipatakan. Saya yakin urusan itu (mencetak gol, Red) hanya tinggal menunggu waktu saja di laga selanjutnya,'' imbuh Nawalka.

Pernyataan pelatih 58 tahun tersebut memang ada benarnya bila ditilik dari statistik WhoScored. Dari total 82 umpan yang dikonversi Lewandowski, 53 diantaranya sukses dilakukan. Selain itu, Lewandowski juga berhasil melepaskan lima umpan kunci yang sukses dimanfaatkan rekan-rekannya menjadi peluang atau bahkan muara dari sebuah gol.

Manfaat lain, kehadirannya bisa menjadi pengalih perhatian pemain lawan. Sehingga personel Polandia lainnya bisa bebas berkreasi. Terbukti, dua gol yang dilesakkan Polandia selama penyisihan semuanya berasal dari lini kedua, yakni Arkadiusz Milik (playmaker) dan Jakub Blaszczykowski (gelandang). 

Meski begitu, performa dahsyat Lewandowski seperti kala membela Bayern Muenchen harus segera dibuktikan. Sebab, lawan a lot sudah menunggu di babak 16 besar (25/6), yakni Swiss. Dan, atmosfer sekaligus tekanan yang diberikan pasti semakin besar.

''Dia ibarat lokomotiv bertenaga uap. Lewandowski adalah contoh pemain yang bersedia mengorbankan dirinya bagi untuk keberhasilan tim. Pengaruhnya tetap besar bagi tim ini. Dia akan bermain melawan Swiss,'' sambung Nawalka kepada AFP. (io)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait