Penyuluh Pertanian Wajib Bimbing Petani

Penyuluh Pertanian Wajib Bimbing Petani

  Jumat, 22 April 2016 09:23
PEMAPARAN : Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero saat menyampaikan pengarahan pada acara penyuluh pertanian di gedung MABM kemarin. FOTO MUSTA’AN

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Salah satu visi-misi Bupati A.M Nasir SH dan Wakul Bupati Antonius L. Ain Pamero, SH adalah wujudkan pertanian yang tangguh dan profesional. Untuk itu Wakil Bupati meminta penyuluh pertanian di bumi uncak kapuas memperkaya pengetahuan sektor pertanian.Dengan menyampaikan materi-materi tentang pertanian kepada petani dan membimbing petani dengan secara professional.

Anton Pamero juga meminta penyuluh pertanian jangan sampai kalah dari pengetahuannya petani. Sebab, penyuluh adalah pembina petani, karenanya harus terus kembangkan diri. “Penyuluh harus terus meningkatkan pengetahuannya," pintanya saat memberi pengarahan pada acara Pembekalan pada Penyuluh Pertanian se Kapuas Hulu tahun 2016 di Gedung MABM Kedamin, Senin (18/4) siang.

 Politisi DPK PKPI ini mengatakan, penyuluh pertanian berperan penting dalam membentuk petani jadi lebih inovatif. Untuk itu penyuluh harus mampu memberi pembinaan dan menyiapkan petani dari penyiapan lahan hingga paska panen. "Saya berharap penyuluh pertanian punya output yang baik ke masyarakat.Sehingga petani di Kapuas Hulu ini punya pola pikir yang lebih maju," ungkapnya.

Penyuluh pertanian, kata dia harus bisa mengindentifikasi potensi pertanian disekitar tempat tugas nya, kemudian melaksanakan program pertanian dengan baik. Lalu mengutamakan kemitraan, kelembagaan pelaku usaha sekitar serta meningkatkan kegiatan. Yang memacu peningkatan mutu produk pertanian masyarakat, dan menumbuhkembangkan lemaga pertanian masyarakat daerah ini.

"Disamping itu penyuluh pertanian juga harus dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam saprodi paska panen dan kebutuhan masyarakat," ucapnya. Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perternakan Kapuas Hulu juga harus ada penghargaan. "Dinas Pertanian tolong lihat dan nialai para penyuluh pertanian di lapangan, diberi reward untuk motivasi kinerja mereka.Ini penting," harapnya.

Disektor pertanian, kata Anton, Pemerintah Kapuas Hulu hendaknya dapat membangun beberapa hal. Mulai dari kebijakan penyuluhan, meningkatkan peran lembaga pertanaian, mengaktifkan penyuluh PNS  dan non-PNS, penyebaran penyuluhan petanian, meningkatakan kualitas penyuluh. Kerjasama ecara kelembagaan, meningkatkan produk pertanian dan prioritaskan sarana penyuluhan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perternakan Kapuas Hulu, Gunawan menuturkan, salah satu lokasi yang berpotensi untuk pengembangan sektor pertanian adalah desa Tekudak. Apalagi lahan pertanian sudah tersedia disana. "Desa Tekudak memiliki lahan pertanian yang besar.Kami bisa mengmbangkan pertanian disana, baik pembibitan atau pola tanam," tuturnya.

Selain cocok untuk pertanian, kata Gunawan, desa Tekudak cocok untuk sektor perternakan. Apalagi fasilitas untuk perternakan juga disediakan disana. "Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) juga ada disana, nanti tinggal diaktifkan dan dokter hewan yang ada Dinas kami akan kerja disana," paparnya. Dengan demikian, petugas dapat dengan mudah mengontrol aktivitas peternakan masyarakat.(aan)

 

Berita Terkait