Penyebab dan Dampak Pergaulan Bebas

Penyebab dan Dampak Pergaulan Bebas

  Selasa, 22 December 2015 09:57   24,017

 
Oleh: Riana PERGAULAN bebas adalah penyimpangan perilaku masyarakat yang melewati batas kewajiban, syarat, aturan/hukum, dan perasaan malu. Pergaulan bebas harus dihindari oleh setiap masyarakat khususnya bagi remaja yang emosinya masih labil atau masih mencari jati dirinya dan di usia remaja lebih mudah terpengaruh serta belum mengetahui baik atau tidaknya perbuatan tersebut.

Biasanya pergaulan bebas yang sering terjadi adalah terjerat dalam pesta hura-hura, mengkomsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba, berperilaku tidak baik, menggunakan pakaian terbuka, dan terjadinya perubahan emosi, pikiran, dan tanggung jawab yang dihadapi. Dan penyebab sering terjadinya pergaulan bebas pada remaja masa kini adalah keadaan dalam keluarga yang tidak menyenangkan seperti mempunyai orang tua yang tidak rukun dan sering bertengkar. Hal itu dapat mempengaruhi mental anak dan menyebabkan anak tidak lagi menganggap rumah sebagai tempat yang harmonis dan bersantainya, sehingga anak cenderung mencari kesenangan di luar.

Kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua juga dapat menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas, karena orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak juga bebas dalam beraktivitas tanpa di batasi ataupun diawasi oleh orang tuanya. Lingkungan setempat yang kurang baik juga faktor yang menjadi penyebab pergaulan bebas karena lingkungan juga berperan dalam pembentukan pribadi seseorang. Jika anak tumbuh dan berkembang di lingkungan yang kurang kondusif maka kemungkinan besar anak akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Adanya perkembangan teknologi informasi juga dapat menjadi penyebabnya. Karena remaja akan lebih mudah mengakses pengetahuan tentang seks bebas ataupun budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya kita di Indonesia seperti berpakaian seksi. Dampak dari pergaulan bebas antara lain adalah seks bebas, menjadi pengkomsumsi obat-obatan terlarang, menjadi kriminal, dan meregangkan hubungan dengan keluarga..

 Oleh karena itu, hindari pergaulan bebas dan saya sarankan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan anak anda, ciptakan keluarga yang harmonis dan juga generasi masa depan Indonesia yang lebih baik.

 

*)Mahasiswi Polteq