Penyajian Fine Dining

Penyajian Fine Dining

  Rabu, 28 December 2016 09:15

Berita Terkait

KONSEP restaurant fine dining menawarkan makanan adiboga dengan pelayanan dan suasana yang mewah ala jamuan bangsawan. Makanannya sudah pasti menggunakan bahan yang fresh dan punya kualitas nomor satu. Disajikan dengan porsi yang sangat kecil karena fine dining sendiri menjunjung tinggi cita rasa. So we talk about quality not quantity. Disajikan dengan jeda setiap course nggak kaya makan di warteg prasmanan yang penyajiannya seenak udel mau ngambil apa aja dan kapan aja. Jadi, penyajian menu dalam fine dining dibagi menjadi appetizer, main course, dan dessert dengan table manner. Biar kamu nggak kagok dengan suasana fine dining kamu harus tahu dulu nih apa itu appetizer, main course, dan dessert sebelum kamu memutuskan untuk ngajak doi fine dining.

Appetizer

Appetizer atau hidangan pembuka adalah makanan/minuman yang dihidangkan di awal dengan porsi yang sangat kecil. Fungsi dari makanan pembuka ini adalah untuk merangasang selera makan. Jadi hidangan pembuka hendaknya memiliki cita rasa yang tinggi, menyegarkan dan disajikan secara apik. Biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau panas. Contoh hidangan pembuka yang tak asing lagi di Indonesia adalah salad.

Main Course

Main course adalah hidangan utama yang disajikan dalam susunan menu lengkap setelah appetizer. Ada banyak pilihan menu main course yang biasanya disajikan dalam fine dining.  Biasanya terdiri dari lauk pauk, sayuran dan karbo yang disusun di atas dinner plate secara serasi baik itu dari segi kombinasi rasa maupun warna dari berbagai makanan tersebut.

Porsinya lebih besar dari appetizer tapi dalam konsep fine dining tetap kecil lho yah! Jadi, jangan heran kalau appetizer dan main course-nya nggak beda jauh porsinya.

Dessert

Masih lapar ya? Tenang bagian terakhir dari susunan hidangan menu adalah dessert atau makanan penutup. Di Indonesia sendiri dikenal dengan istilah cuci mulut. Biasanya makanan penutup ini memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan yang berfungsi menghilangkan rasa enek atau aroma amis setelah menyantap hidangan utama. Umumnya dessert berisi olahan buah-buahan segar namun seiring berkembangnya zaman kini dessert lebih bervariasi dan menarik. (dee)

 

Berita Terkait