Pentingnya Pendidikan Dasar dalam Kehidupan

Pentingnya Pendidikan Dasar dalam Kehidupan

  Rabu, 4 May 2016 09:11   1

Oleh : Eka Riani 

Orang tua di rumah mengatakan bahwa berpikir adalah pendidikan. Berpikir yaitu membuka pintu ke pikiran kita dan membuat kita dapat memilih mana jalan kekiri dan mana jalan ke kanan, mana yang baik dan mana yang buruk, serta belajar hal-hal baru. Mengapa kita dapat memilih jalan kekiri dan jalan ke kanan?Apa pentingnya pendidikan dasar sebenarnya dalam kehidupan?
Jawabanya dari pertanyaan ini terletak pada bimbingan kedua orang tua dalam membentuk karakter anaknya. Orang banyak beranggapan kalau pendidikan dasar itu adalah jenjang pendidikan awal selama 9 tahun pertama masa sekolah anak-anak.  Pendidikan dasar yang dimaksud pada artikel ini yaitu pendidikan dasar tentang bagaimana orang tua mampu menerapkan pendidikan hukum kepada anaknya, mengetahui mana perbuatan yang baik mana perbuatan yang buruk, mana yang menguntungkan, baik bagi dirinya maupun orang lain. Jika kita melihat orang besar alim ulama sedang berbicara atau memberikan tausiah akan terasa dalam cara mereka berbicara dan pendapat yang mereka kemukakan. Ini adalah contoh tentang pembentukan diri seseorang bagaimana seseorang yang awalnya dipandang biasa menjadi disegani dan dihormati. Karena seseorang yang seperti ini dapat menguasai pendidikan yang didapatnya dari sekolah serta menguasi pendidikan dasar tentang pembentukan dirinya sehingga beliau dapat bermanfaat baik bagi diri maupun orang lain. Oleh karena itu sangat mudah untuk menyimpulkan bahwa pendidikan dasar mempengaruhi keberhasilan. Keberhasilan yang didapat tidak hanya dalam hal duniawi bahkan sampai ke akhirat nanti.

TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN DASAR
Pendidikan dasar melepaskan kita dari kecerobohan membentuk dasar yang kokoh pada pikiran kita dan memaksa kita untuk berpikir positif dan menerapkan didalam kehidupan. Berbagai pendidikan dasar yang dapat diberikan orang tua kepada seseorang anak misalkan tentang belajar, orang tua yang memberikan ilmu dasar kepada anaknya harus mampu membuat anaknya menjadi mengerti apa dampaknya. belajar bagi diri sendiri dan apa dampak negatifnya apabila tidak mau belajar. Bisa juga menjelaskan tentang sikap yang sering melekat pada seseorang yaitu sifat sombong apa dampaknya bagi diri sendiri yaitu tidak disukai orang lain. Sebaliknya apabila kita ramah maka teman ada dimana-mana. Apabila pendidikan dasar  atau hukum diri sudah melekat pada seseorang maka seseorang tersebut sudah dapat membedakan akan hak-hak kita dan hak-hak orang lain. Memperkuat rasa emphaty kepada orang lain. Dengan demikian memberi kita kekuatan untuk tidak memperbudak baik dengan pikiran atau tindakan. Karena seseorang yang sudah mantap pendidikan dasarnya dia dapat merasakan apa yang orang lain rasakan.

MEMBUKA PIKIRAN DASAR ANAK
Pendidikan dasar membuat kita menambah wawasan. Selain pendidikan yang diperoleh dari sekolahan tentang pengetahuan membaca dan berhitung, pendidikan tambahan yang harus biberikan kepada seorang anak yaitu pendidikan dasar yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter pribadi sang anak. Karena pendidikan dasar yang diberikan lebih menekankan kepada syariat. referensi yang saya ambil yaitu (Qs. Al-Zalzalah 7-8)
“ Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apapun niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula “.
Pendidikan dasar juga dapat dibagi dengan orang lain dan bertukar pendapat. Hal ini menyebabkan pemahaman yang lebih baik dan mengetahui bagaimana dalam dunia ini hidup dan berpikir. Ini adalah tugas orang tua untuk menanamkan pentingnya pendidikan dasar atau hukum diri kepada anak-anaknya. Dalam arti yang sebenarnya pendidikan dasar berarti berkembang dari seorang individu untuk menjadi manusia yang utuh bukan hanya untuk menjalani hidup.

Jurusan : Syari’ah Al-ahwal Al-syakhsiyyah (Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah) Semester 2