Penjabat Bupati Sintang Tinjau TPS

Penjabat Bupati Sintang Tinjau TPS

  Kamis, 10 December 2015 09:10
TINJAU TPS: Penjabat Buapti Sintang, Alexius Akim saat meninjau pemungutan suara di TPS. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG--Penjabat Buapti Sintang, Alexius Akim bersama jajaran forkopinda meninjau pemungutan suara ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).Dari sejumlah TPS terlihat antusias masyarakat untuk memberikan hak pilihnya sangat tinggi. Berdasarkan keterangan petugas di TPS saat kunjungan, rata-rata pemilih yang terdaftar dalam DPT di atas 60 persen sudah menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, ketika diminta komentarnya, Akim mengimbau seluruh warganya untuk menghormati, apapun yang menjadi keputusan masyarakat. “Seluruh masyarakat Sintang harus ambil bagian secara aktif untuk mengawal agar seluruh tahapan Pilkada berlangsung aman dan damai,” harapnya. Kemudian, kata Akim, apapun bentuknya terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, masyarakat jangan sampai terpancing isu-isu atau ajakan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan terkait dengan hasil Pilkada.

Akim berharap kepada seluruh pihak terkait dalam mendata dan menyusun DPT untuk benar-benar bekerja secara profesional. Sehingga pada pesta demokrasi pada masa yang akan datang, tidak ada lagi warga masyarakat yang mempunyai hak pilih yang tidak terdaftar dalam DPT.  

Sementara di TPS 1 Desa Empaci Kecamatan Dedai Mengalai kekurangan 100 surat suara. Kemudian, terjadi kelebihan surat suara di Desa Mangat Baru. Meskipun tidak sampai menghentikan proses pencoblosan. Ketua Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Syaiful Nur mengatakan, berdasar hasil laporan yang disampaikan anggota PPL di TPS 1 Desa Empaci terjadi kekurangan surat suara sebanyak 100 lembar. Atas ketidaklengkapan surat suara tersebut, pemungutan suara di TPS 1 Desa Empaci sejak pukul 80.00 WIB belum dimulai. Kemudian, baru dimulai sejak pukul 10.30 WIB setelah ketua KPU datang menyelesaikan persoalan yang terjadi.

“Jadi ketua KPU yang langsung turun ke lokasi dan mencarikan solusinya,” kata Syaiful Nur, kemarin.Menurut dia, kekurangan yang terjadi di TPS 1 ditutupi kelebihan surat suara yang terjadi di TPS 1 Desa Mangat Baru Kecamatan Dedai. “Kelebihan yang terjadi di Desa Mangat Baru dipindahkan ke Desa Empaci,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Sintang, Supranto Aji membenarkan telah terjadi kekurangan surat suara sebanyak 100 lembar di TPS 1 Desa Empaci Kecamatan Dedai. Meskipun demikian, persoalan tersebut dapat diatasi, sehingga tidak ada kendala yang signifikan. “Sudah tidak ada persoalan. Surat suara yang kurang sudah terpenuhi semua. Bahkan, TPS 1 Desa Empaci sudah melaksankan pemungutan suara,” katanya.Menurut Aji, DPT di Desa Empaci sebanyak 251 pemilih. “Sudah lengkap semua, karena kelebihan surat suara di Desa Mangat Baru TPS 1 kita pindahkan ke TPS 1 Desa Empaci,” ujarnya. (stm)

 

Berita Terkait