Pengurus MABM Sambas, Dikukuhkan

Pengurus MABM Sambas, Dikukuhkan

  Rabu, 12 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

 

SAMBAS-  Kepengurusan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sambas periode 2015-2020 dikukuhkan oleh Ketua Umum MABM Kalbar, Prof Dr. H. Chairil Efendy, di Istana Alwaazikhoebillah Sambas, Senin (10/10) sore.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc dan Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah SH MH juga hadir dalam kegiatan tersebut. Kemudian Mantan Bupati Sambas, Ir H Burhanuddin A Rasyid dan dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH, Ketua DPRD Sambas, Kapolres Sambas, serta segenap tokoh masyarakat, tokoh Adat dan tokoh agama Kabupaten Sambas dan para undangan.

Ketua MABM Kabupaten Sambas periode 2015-2020, H Subhan Nur mengatakan kemajuan daerah tidak terlepas dari peran seluruh elemen masyarakat yang ada di Sambas. Adanya perbedaan Suku agama yang ada, adalah sebuah kekayaan masyarakat yang harus dijadikan modal utama dalam rangka pembangunan Sambas.

“Dan seperti yang terlihat, dalam kegiatan pengukuhan ini. Kita hadirkan seluruh perwakilan suku yang ada di Sambas. Kita tunjukkan bahwa Sambas adalah multi etnis. Dan semuanya memiliki peran untuk membangun Kabupaten Sambas,” kata Subhan Nur, usai acara pengukuhan.

MABM Kabupaten Sambas, sebutnya, siap bekerja sama dengan organisasi lainnya dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Sambas. “Kita harus bersama-sama membangun Sambas Hebat, jadi sudah saatnya kita multi etnis bersatu membangun Kabupaten Sambas, sehingga menjadi daerah maju dan berkembang seperti yang kita harapkan bersama,” kata Subhan.

Sebelum pengukuhan, beberapa rangkaian kegiatan telah dilaksanakan. Mulai dari mematenkan busana pengantin khas Sambas. Kemudian dilanjutkan dengan mengikutkan pakaian pengantin khas Sambas dalam pagelaran yang dilaksanakan di Hongkong.

Ketua Umum MABM Kalbar, Prof. Dr. H. Chairil Efendy mengatakan keberadaan MABM sebagai mitra pemerintah harus bersama-sama menjaga silaturahmi. Terlebih ditengah kemajuan zaman yang secara perlahan menggerus nilai-nilai adat dan budaya.

“Adanya perubahan-perubahan yang terjadi harus dapat kita rasakan. Sehingga ini menjadi tantangan kita, khususnya MABM Kabupaten Sambas,” katanya.

Chairil Efendy  juga berpesan. Pengurus MABM dapat bergandeng tangan dengan pemerintah sebagai mitra dan mendukung program yang dilaksanakan pemerintah. “Diera kepemimpinan H Subhan Nur, kita harapkan dapat lebih berkembang lagi, dan apa yang telah dilaksanakan Ir H Burhanuddin A Rasyid selaku mantan Ketua MABM sebelumnya di ucapkan terima kasih,” katanya.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc mengapresiasi dikukuhkannya kepengurusan MABM Kabupaten Sambas periode 2015-2020. Bupati juga mengajak kepada masyarakat, untuk menjunjung nilai adat istiadat. (ser/ozy)

Berita Terkait