Pengunjung Membludak, Ciri Khas Lomba Rakyat

Pengunjung Membludak, Ciri Khas Lomba Rakyat

  Senin, 22 Agustus 2016 09:50
LOMBA SAMPAN: Kepala Camat Singkawang Selatan H Elmin saksikan peserta lomba sampan bidar di Sungai Sedau Kota Singkawang.

Berita Terkait

TERNYATA tak hanya masyarakat kecamatan Singkawang Selatan yang hadir. Beberapa warga dari daerah terdekat, juga ikut menyaksikan lomba tersebut. “Kami senang adanya perlombaan sampan. Ini merupakan ciri khas hiburan rakyat. Tapi kegiatan ini hanya diperingati setahun sekali. Terutama pada perayaan HUT, 17 Agustus 1945,” ucap warga Kelurahan Sedau Kondel, Minggu (21/8).

Dia mengatakan selain perlombaan sampan, masyarakat di sini juga menggelar lomba karaoke. Meskipun hadinya sedikit tapi masyarakat senang adanya hiburan rakyat di lingkungan masyarakat. Ia menuturkan dengan adanya hiburan rakyat, aktivitas pemuda dan masyarakat  sekitar berjalan baik. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama dan batuan masyarakat di Kecamatan Singkawang Selatan.

 “Kita harapkan kegiatan hiburan rakyat bisa menjadi agenda tahunan. Supaya perayaan hari kemerdekaan benar-benar bisa dinikmati oleh semua lapisan masayarakat,” ungkapnya saat menyaksikan lomba sampan dilaksanakan di Sungai Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Kepala Camatan Singawang Selatan H Elmin menyampaikan sangat mengapresiasi antusias masyarakat dalam menyukseskan perlombaan dan hiburan rakyat. Apalagi agenda lomba sampan sudah lama tidak dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-17 di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

 “Perlombaan sampan bidar sudah lama dilupakan. Padahal, lomba sampan bidar ini merupakan hiburan rakyat. Namun pada HUT Kemerdekaan RI Ke-71, lomba sampan bidar inim, kita laksanakan lagi bersama masyarakat,” terangnya.

Elmi menambahkan masih banyak perlombaan dan hiburan rakyat yang belum terlaksana. Dikarenakan terbentur anggaran kepantian HUT Kemerdekaan RI Ke-71. Meskipun demikian, kegiatan masyarakat tetap dilaksanakan berkat adanya partisipasi masyarakat di Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan.

Ia mengungkapkan dengan adanya perlombaan rakyat ini, masyarakat bisa menjalin kerjasama dalam meningkatkan pembangunan di lingkungan masyarakat. Supaya masyarakat juga peduli terhadap lingkungan sekitar dan bisa saling berinteraksi antar masyarakat di Kecamatan Singkawang Selatan dan Kota Singkawang.

 “Kami minta dengan adanya hiburan rakyat. Masyarakat bisa lebih peduli lagi dengan lingkungan. Supaya kerukunan antar warga dalam tercipta dengan baik. Menang kalah dan setiap perlombaan ini hal biasa, tetapi akan lebih luar biasa kita bisa memahami makna dari perlombaan hiburan rakyat,” tutupnya saat didampingi Kapolsek Singkawang Selatan. (*)

Berita Terkait