Penerimaan Siswa Baru Dilaksanakan Juli

Penerimaan Siswa Baru Dilaksanakan Juli

  Selasa, 21 June 2016 09:30

Berita Terkait

PONTIANAK - Penerimaan siswa baru tingkat SMP, SMA/SMK Negeri di Pontianak akan dilaksanakan 11-14 Juli 2016 menggunakan sistem online. Dalam seleksinya, satu calon siswa bisa memilih lima sekolah tujuan dengan seleksi menggunakan ranking berdasarkan hasil ujian nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi mengatakan, penerimaan siswa baru SMP, SMA/SMK negeri Pontianak akan dilaksanakan setelah lebaran. "Sistemnya menggunakan online, bisa diakses di www.pontianak.siap-ppdb.com," ungkapnya kepada Pontianak Post, Sabtu lalu.

Untuk proses pendaftaran ke sekolah negeri, khusus siswa daerah lain yang ingin sekolah di Pontianak harus prapendaftaran terlebih dahulu mulai 11 sampai 13 Juli 2016, di Dinas Pendidikan Kota Pontianak. Kuota penerimaan pelajar daerah disiapkan sebesar lima persen. Setelah terdaftar barulah bisa mendaftar melalui online. 

Dijelaskan Mulyadi, calon siswa dapat memilih sampai lima sekolah yang diinginkan, dengan satu sekolah pilihan utama. Dengan begitu, jika calon siswa tak diterima di sekolah utama, masih ada empat sekolah pilihan lain sebagai tujuannya.

Dia menyarankan, pemilihan sekolah baru hendaknya dicari yang wilayahnya tak jauh dari rumah siswa. Namun tak ada larangan bagi siswa jika ingin memilih sekolah yang jauh dari kediamannya. "Misal, siswa tinggal di Pontianak Utara, dia ingin sekolah di SMP Negeri 1, nanti daftarnya tak perlu ke SMPN 1, cukup daftar di sekolah terdekat saja, mantau lulus tidaknya cukup online saja," ungkapnya.

Apabila ada siswa kurang mampu tinggal dekat sekolah, maka sekolah tersebut wajib menerima siswa seperti ini. Karena di sekolah negeri gratis alias tak dipungut bayaran. Ia juga pastikan dalam penerimaan siswa baru tak ada istilah siswa titipan. Semua calon siswa harus ikut prosedur dengan sistem ranking berdasarkan nilai UN siswa.

Dipaparkan Mulyadi, untuk syarat pendaftaran SMP dan SMA dapat menyiapkan formulir pendaftaran yang sudah diisi, tanda bukti sudah prapendaftaran, ijazah dan SHUS asli dan fotokopi, fotokopi kartu keluarga dengan menunjukkan aslinya, dan pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar. Untuk pendaftaran SMK persyaratannya sama tinggal melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter.

Anggota DPRD Kota Pontianak Mujiono melihat penerimaan siswa baru tahun ini juga jadi perhatiannya. Pasalnya, khusus SMA/SMK yang Oktober 2016 telah diambil alih provinsi. “Pemkot dan provinsi harus koordinasi terutama berkaitan soal kuota 5 persen. Jangan sampai timbul kesalah pahaman karena tak lama lagi SMA/SMK akan di ambil alih provinsi. Ini mesti diantisipasi,” terangntya.   

Kalau untuk siswa titipan di sistem on line, politisi Partai PAN menyatakan nihil terjadi. Penerimaan dengan sistem online transparan dan dapat dilihat semua masyarakat. Jadi kemungkinan terjadi kecurangan sangat kecil.(iza) 

Berita Terkait